10 Manfaat Baking Soda Untuk Kecantikan

Bukan hanya cuka saja yang menyimpan banyak keajaiban di dalamnya, produk rumahan seperti baking soda juga demikian. Khusus kecantikan, beberapa manfaat baking soda mau lewat berikut ini.

1. Sebagai scrub

Cukup tambahkan oatmeal untuk nourishing, scrub ini cukup lembut untuk dipakai setiap hari. Cara membuatnya campurkan 3 bagian baking soda dengan 1 bagian air dan 1 bagian oatmeal. Gosokkan dengan gerakan melingkar untuk mengangkat sel kulit mati. Bilas dengan air hangat.

2. Pembuka menikur

Celupkan sikat kuku kecil ke dalam baking soda, dan gosokkan lembut di bawah kuku serta sekitar kutikula hingga bersih. Kemudian buat pasta yang terdiri dari 3 bagian baking soda dan 1 bagian air, gosok lembut dengan gerakan melingkar di area tangan dan jari-jari untuk mengangkat sel kulit mati. Bilas dengan air hangat, baru aplikasikan kuteks seperti biasa.

3. Melembutkan kalus

Pertama, untuk melembutkannya: masukkan 2 sdm baking soda ke dalam baskom air hangat, dan tambahkan beberapa tetes minyak lavender. Setelah berendam cukup lama, gosok kalus dengan menggunakan 3 bagian baking soda, 1 bagian air, dan 1 bagian brown sugar. Lanjutkan dengan mengaplikasikan pelembab dan bungkus kaki dengan handuk hangat, diamkan 5-10 menit.

4. Menghapus timbunan produk

Pemakaian hairspray dan produk rambut lainnya bisa menciptakan timbunan di kulit kepala. Taburkan 1/4 baking soda ke telapak tangan bersama dengan shampo. Keramas seperti biasa dan bilas hingga bersih. Baking soda membantu mengangkat residu yang ditinggalkan produk sehingga rambut lebih bersih dan mudah diatur.

5. Sebagai deodoran

Campurkan 4 sdm baking soda dengan sekitar 10 tetes minyak esensial favorit dan aplikasikan di bawah ketiak dengan sikat. Untuk aplikasi ulang pada sepanjang hari, isi wadah kosong dan deodoranpun siap digunakan.

6. Penetral asam di kulit

Untuk melengkapi relaksasi setelah hari yang panjang, tambahkan 1/2 cangkir baking soda ke dalam rendaman bathtub untuk menetralkan asam di kulit sekaligus membasuh minyak plus perspiration saat Anda berendam. Saat dicampur ar, baking soda bisa melembutkan dan menghaluskan kulit sekaligus meredakan iritasi.

7. Memutihkan gigi

Cara cepat memutihkan gigi saat pagi: taburkan baking soda di atas telapak tangan, celupkan sikat gigi ke dalamnya, lalu gosokkan ke gigi. Kemudian berkumur dan lanjutkan dengan memakai pasta gigi. Untuk mouthwash antijamur, campurkan 1 sdt baking soda ke dalam 1/4 gelas air, dan pakai untuk kumur.

8. Pembasmi jerawat

Sedikit pasta baking soda (dicampur air) yang dibubuhkan ke area berjerawat bisa mengeringkan dan menyembuhkanya.

9. Pembersih wajah

Angkat sel kulit mati dengan menggunakan scrub baking soda, jangan gosok terlalu keras, lakukan dengan lembut. Berikut resep pembersih wajah anti jerawat: campurkan 1 sdm madu organik dan 1 sdt baking soda, lalu pijat wajah dengan campuran tersebut memakai gerakan melingkar. Biarkan semenit, bilas dengan air hangat hingga bersih.

10. Menenangkan perut

Meski yang terakhir ini tak berhubungan langsung dengan kecantikan, namun tak ada salahnya berbagi bukan? Asam lambung, rasa panas, gas, dan gangguan lambung lainnya bisa diredakan oleh baking soda karena kandungan alkalinya yang bisa menetralkan asam. Cukup campurkan 1 sdt baking soda dalam segelas air hangat dan minum.

share

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s