Touché, Teknologi Sentuhan Ajaib Dari Disney

Disney yang selama ini sering diasosiasikan dengan hewan, kisah puteri dan pangeran, serta berbagai obyek lainnya benar-benar berniat membawa keajaibannya dalam dunia nyata.

Lupakan tentang menyentuh layar iPhone, sebab lewat teknologi yang disebut Touché ini, Anda bisa menyentuh hampir semuanya dan keajaiban pun akan terjadi. Semua obyek mulai dari pegangan pintu, sofa, tempat tidur, hingga air, bisa dipakai sebagai alat pengendali yang dikontrol oleh gerak isyarat penggunanya.

Cara kerjanya sederhana hanya menempelkan seutas kawat elektrik ke obyek, lalu menyambungkannya dengan alat pengontrol. Teknologi ini menggunakan sensor yang sama dengan smartphone, yaitu mendeteksi arti sentuhan, dan menerjemahkannya dalam aksi nyata.

Begitu diterapkan, tempat tidur bisa memberitahukan posisi, apakah Anda sedang duduk atau tidur. Pegangan pintu juga dapat membaca intensitas genggaman jika Anda ingin
mengunci pintu, bahkan sofa mampu menghentikan tayangan film yang ditonton begitu Anda berdiri.

Sebagai contoh, pihak ilmuwan Disney menggunakan pegangan pintu. “Jika handle digenggam kencang, maka pintu akan terkunci. Sementara mencubit pegangannya, hanya akan memberitahukan pada pintu bahwa ia akan keluar/ masuk kembali 5 menit kemudian. Rangkaian jenis genggaman ini seperti “password” dalam mengendalikan kinerja pintu.”

Penelitian ini dikerjakan oleh tim Disney Research (Pittsburgh) yaitu Munehiko Sato, Ivan Poupyrev, dan Chris Harrison.

Anda mau juga teknologi satu ini?

share

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s