15 Sebab Lingkar Mata Menghitam (Plus Solusinya)

Lingkar hitam di bawah mata mungkin tak merusak kesehatan separah kanker namun jelas membuat wajah terlihat kusam dan tua. Ingin tahu ragam penyebab berikut solusinya? Simak ulasan berikut ini..

1. Jika munculnya mendadak…

Ini bisa merupakan tanda adanya alergi atau infeksi ginjal. Jika ada gejala lain seperti demam, ruam kulit, atau kesulitan bernafas, maka segera konsultasi ke dokter. Jika alergi adalah penyebabnya, maka cari tahu makanan apa yang menyebabkannya dan hindari itu. Atau bisa juga reaksi alergi Anda berasal dari produk kecantikan seperti krim mata atau maskara.

2, PMS

Jika lingkar hitam muncul beberapa hari sebelum siklus bulanan, maka itu adalah salah satu manifestasi dari PMS. Konsumsi diuretik alami seperti green tea, dan kurangi makanan asin, karbohidrat, hingga cairan berlebih dari makanan selama seminggu sebelum datang bulan tiba.

3. Turunan

Coba amati ibu atau nenek Anda, apakah mereka juga memiliki lingkar hitam? Jika ya, maka bisa jadi kondisi bawaanlah penyebabnya. Untuk ini memang tidak ada cara menghilangkannya, namun bisa disamarkan dengan makeup yang terampil.

4. Masalah pembuluh darah

Jika lingkar hitam tersebut adalah akibat pelebaran pembuluh darah, maka pakai bantal double saat malam tiba untuk menghentikan darah berkumpul dan mengendap di bawah mata. Saat pagi, aplikasikan kompres dingin sekitar 5 menit untuk mengerutkan pembuluh darah sehingga lingkar hitam tersamarkan.

5. Hidung tersumbat

Terkadang hidung tersumbat bisa memperlebar dan menggelapkan pembuluh yang ada di bawah mata hingga hidung, sehingga muncul warna gelap di area tersebut. Tapi, bila bukan itu penyebabnya, mungkin yang berikut ini..

6. Makanan kurang sehat

Akhirnya, setiap orang akan menjadi seperti yang ia makan. Semakin sehat, makin cantik kulit. Untuk kasus lingkar hitam, Anda butuh vitamin C, E, K, zat besi, dan asam folat. Jadi perbanyak konsumsi jeruk, berry, sayuran hijau, kacang, whole grains, alpukat, seafood, sapi, keju, teh hijau, dan lain-lain. Jauhi makanan proses dan berminyak.

7. Kurang tidur

Ya, ini merupakan alasan paling umum. Kurang tidur bisa membuat kulit tampak pucat sehingga membuat pembuluh darah lebih nampak. Pastikan Anda tidur 7-8 jam tanpa gangguan.

8. Bahan alami

Ada banyak obat alami yang bisa menjauhkan lingkar hitam dari bagian bawah mata. Potongan timun segar, cotton ball yang dicelupkan dalam air kentang, rajangan daun mint, campuran jus lemon dan tomat, minyak jarak yang didiamkan semalam, dan bahkan kantong teh, semua ini bisa membantu meredakan stres pada mata.

9. Dehidrasi

Kurang air bisa menyebabkan pembuluh darah di bawah mata jadi bengkak sehingga muncul lingkar hitam. Jadi pastikan Anda minum cukup air, dan jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan asin yang bikin haus tubuh.

10. Rokok dan alkohol

Seperti yang kita tahu bersama bahwa rokok menyebabkan penuaan dini, dan nikotin di dalamnya mengerutkan pembuluh darah, sehingga kurang ada sirkulasi. Sama halnya berlaku untuk kandungan alkohol yang menghambat aliran O2 ke kulit.

11. Anemia

Kurang zat besi bisa juga menjadi penyebab selanjutnya. Gejala lain yang biasa menyertai kondisi ini adalah kulit pucat, nafas pendek, detak jantung cepat, pusing, dan lain-lain. Segera periksa ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

12. Sinar matahari

Oleskan sunsreen dengan SPF 30 (minimal) dan jangan lupa lindungi mata dengan mengenakan kacamata hitam.

13. Wajah kurang latihan

Percaya atau tidak, otot wajah perlu dilatih agar kuat. Facial merupakan salah satu caranya. Gunakan ujung jari, lakukan gerakan menepuk kecil di wajah untuk meningkatkan sirkulasi.

14. Komputer dan laptop

Kedua gadget di atas bisa membuat mata tegang, jadi ingatlah untuk menempatkan monitor sedikit di bawah jangkauan mata. Jaga jarak dengan monitor lebih dari 20 inci. Pasang pengaman monitor, dan jangan lupa istirahatkan mata sesekali. Untuk mereka yang harus sering berurusan dengan komputer, jangan abaikan mata kering dan gatal yang ada. Periksakan mata secara rutin.

15. Stres

Stres rusak kulit, dan kulit sekitar mata juga pastinya.

Tips kamuflase kilat..

Aplikasikan krim mata atau gel ringan dan diamkan hingga meresap sampai beberapa menit. Lalu tepukkan krim concealer yang warnanya setingkat lebih cerah dari wajah. Tutupi dengan loose powder sehingga makeup tak tampak berminyak. Untung ada makeup..

Peringatan:

1. Hati-hati dengan jenis teh celup yang dipakai. Jika ada alergi, misalnya terhadap jenis chamomile, maka mata justru bisa bertambah bengkak.

2. Jangan aplikasikan es atau air dingin langsung ke kulit sekitar mata lebih dari beberapa detik.

3. Jika salah satu pengobatan di atas memberikan hasil yang lebih buruk, maka hentikan segera.

4. Konsultasikan ke dokter untuk perawatan lebih lanjut.

share

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s