Pro-Kontra Seputar Konsumsi Telur

Bicara soal telur, ada yang lebih menyukai kuningnya karena rasanya lebih enak, lainnya memilih putihnya saja karena rendah kalori. Ya, pro-kontra seputar konsumsi telur memang seolah tak ada ujungnya, namun tahukah Anda bahwa ada 4 alasan baik mengapa sebaiknya telur dikonsumsi seutuhnya, semuanya? Berikut ulasannya.

1. Sebutir telur utuh mengandung 185 mg kolesterol (hanya ada pada bagian kuningnya). Sementara batasan kolesterol harian adalah tak lebih dari 300 mg untuk seseorang dengan kadar LDL (kolesterol jahat) normal, sehingga tak ada salahnya bila Anda mengonsumsi sebutir sehari, asal tak berlebihan dengan menu makanan lain yang juga kaya kolesterol seperti daging atau produk susu.

2. Bagian putih telur mungkin yang mengandung protein terbanyak, namun gizi optimal justru terdapat pada bagian kuningnya. Sebuah kuning telur mengandung 21,9 mg kalsium, 245 IU vitamin A, 18 IU vitamin D, dan 66,3 mg fosfor, plus 24,8 mcg folat.

3. Berita baiknya, mengonsumsi telur untuk sarapan bisa membantu Anda menurunkan berat badan. Sebutir telur hanya memuat 92 kalori, namun menyuguhkan 6,3 gram protein sehingga bisa memberi energi yang dibutuhkan sepanjang pagi. Yes!!!

4. Lemak sehat sangat dibutuhkan tubuh dan jika Anda memilih telur yang kaya omega-3, maka mengonsumsi telur merupakan cara paling mudah untuk meningkatkan konsumsi asam lemak tak jenuh tersebut dalam menu harian.

Jadi mulai sekarang, makan semuanya yaūüôā

share

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s