Flame Ternyata Buatan Amerika

Salah satu virus komputer yang paling kompleks di dunia, Flame, disebut-sebut diciptakan oleh negara adidaya, Amerika, namun pihak Israel-lah yang diklaim berandil besar dalam perkembangannya.

Pernyataan ini muncul setelah minggu lalu ditemukan adanya kesamaan antara persandian (coding) antara Flame dan Stuxnet. Berkaitan dengan hal ini, pihak CIA, NSA, dan Badan Intelijen Amerika, berikut duta besar Israel yang berbasis di Washington, menolak untuk memberikan komentar.

Seperti diberitakan beberapa waktu lalu, Flame sendiri memang tidak menimbulkan kerusakan secara fisik, tapi berbagai kemampuan spionase-nya yang rumit termasuk diam-diam merekam percakapan surel, personal chatting, hingga pembicaraan rahasia yang dilakukan pemerintah, jelas bikin pihak manapun dag dig dug.

Meski ditujukan untuk Iran, namun pihak Ali Hakim Javadi selaku Wakil Menteri Komunikasi dan Teknologi Informasi mengatakan kepada agen berita resmi IRNA bahwa para pakar di Iran sudah membuat antivirus yang bisa mengidentifikasi dan menghapus malware yang memiliki kemampuan spionase canggih tersebut dari komputer.

share

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s