5 Langkah Dapur Tetap Bersih dan Sehat

Seberapa sering Anda mengintip isi lemari es? Mengintip untuk membersihkan, bukan mengambil makanan, maksud kami. Jika jarang, maka sekarang saatnya Anda rutin melakukannya. Semua itu demi dapur bersih dan sehat. Kalau dapur sehat, maka makanan yang masuk dalam tubuh sehat pula bukan?

1. Sidak lemari es

Selalu sempatkan waktu untuk memeriksa dan membersihkan isi lemari es dari makanan kadaluarsa atau tak layak makan. Jamur dan bakteri paling berpotensi timbul dari makanan tersebut, yang bila dibiarkan bisa mencemari penganan lainnya.

2. Bersihkan semua

Bukan hanya piring atau peralatan masak yang perlu dibersihkan. Kuman bisa bersembunyi di bak cuci piring atau pegangan kran air. Setelah mencuci semua peralatan, jangan lupa bersihkan pula area sekitar.

3. Ganti lap tangan

Jika Anda memakainya, usahakan untuk menggantinya dengan yang baru setiap hari. Setelah memasak daging, segera masukkan lap ke keranjang cuci demi mencegah menyebarnya bakteri. Menggunakan kertas tisu bisa jadi alernatif cepat untuk Anda yang tak mau repot, meski cara ini kurang ramah lingkungan.

4. Beda media, beda spon

Banyak orang mengandalkan spon untuk melakukan pekerjaan “kotor” di dapur. Daripada menggunakan 1 spon untuk semua media, ada baiknya Anda membagi-bagi. Tetapkan 1 spon untuk membersihkan meja, 1 untuk bak cuci piring, dan seterusnya.

5. Talenan bukan untuk semua bahan

Ada banyak bahan makanan yang perlu dipotong, mulai dari daging, buah, sayur, hingga roti. Ingin salad atau roti bebas bakteri? Jangan gunakan talenan yang sama untuk memotong daging.

share

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s