6 Tips Alami Cegah Sakit Haid

Apakah setiap datang bulan tiba Anda selalu mengalami sakit perut yang tak tertahankan? Percaya atau tidak, pola makan sangat (sekali lagi sangat) menentukan apa yang terjadi saat siklus menstruasi tiba. Untuk menghindari sakit haid, ikuti beberapa tips berikut.

1. Makanan sehat sepanjang bulan

Lebih baik mencegah daripada mengobati bukan? Untuk itu, mari cegah kram perut saat haid dengan mengonsumsi banyak buah dan sayuran, whole grains, produk susu rendah lemak, serta protein bebas lemak. Makanan sehat membuat Anda merasa lebih baik, dan siap mental maupun fisik bila siklus bulanan yang membuat tubuh tak nyaman itu tiba.

2. Porsi kecil

Makan dengan porsi kecil 6 kali sehari ternyata tak hanya bersahabat untuk mereka yang ingin kurus, namun juga bisa mengurangi pusing saat haid tiba. Tentunya pola makan seperti ini harus diimbangi dengan tidur yang cukup pula. Porsi kecil yang dimakan setiap 3-4 jam sekali bisa menjaga kadar gula dalam darah tetap stabil. Dan keadaan tersebut bisa menjauhkan kita dari sikap mudah tersinggung.

3. Tambah kalsium

Bagi tubuh, kalsium lebih dari sekedar menguatkan tulang dan gigi. Mineral penting ini juga bisa meregulasi kesehatan sistem saraf dan kardiovaskular serta memberi sumbangsih pada fungsi otot. Mengonsumsi 1000-1500 mg kalsium per hari diperlukan untuk melawan kram, depresi, sikap lekas marah, dan kegelisahan selama masa haid.

4. Batasi sodium

Meski Dietary Guidelines for Americans memperbolehkan kita mengonsumsi sodium hingga maksimum 2300 mg per hari, namun menguranginya selama minggu-minggu jelang PMS sangat penting untuk mencegah tubuh membengkak.
Jadi, konsumsilah makanan segar sebanyak mungkin, dan perhatikan jumlah sodium yang ada pada kemasan makanan. Pastikan pula Anda minum 8 gelas per hari.

5. Perbanyak serat

Makanan super ini tak hanya ramah pencernaan, namun juga memberi banyak gizi yang dibutuhkan tubuh. Serat yang cukup bisa meregulasi siklus, membantu mempertahankan berat badan, dan juga menyeimbangkan kadar gula dalam darah.

6. Singkirkan junk food

Kandungannya yang kaya lemak, sodium, dan gula bisa memperbesar masalah menstruasi.

share

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s