9 Trik Taklukkan Bakteri Dalam Daging

Daging, selain lezat juga bergizi….bila Anda mengolahnya dengan benar tentunya. Bukan rahasia lagi bahwa di balik tampilan daging yang tampak segar sekalipun terdapat bakteri tersembunyi. Cara mengusirnya? Simak deretan langkah yang mau lewat berikut.

1. Saat berbelanja, cari daging dan ayam yang tersimpan di lemari pendingin sebab biasanya produk tersebut lebih segar. Namun periksa juga tanggal kadaluarsanya untuk memastikan lagi. Setelah memilih, bungkus dengan kantong plastik sehingga airnya tak mengontaminasi makanan lain. Ambil bahan makanan yang tak tahan lama ini pada waktu terakhir sebelum Anda meninggalkan toko.

2. Simpan daging di kulkas jika Anda tidak ingin langsung menggunakannya. Jika ingin mengolahnya seminggu setelah beli, simpan di freezer.

3. Jangan cairkan daging beku dengan mengeluarkannya dari kulkas. Lebih baik bungkus daging dengan plastik, lalu taruh di mangkok dalam kulkas sehingga cairannya tak merembes ke mana-mana. Anda juga bisa langsung mencairkan daging beku dalam microwave. Olah daging yang telah mencair sesegera mungkin, dan jangan bekukan ulang daging yang sudah dicairkan.

4. Jaga kebersihan dengan mencuci tangan, pisau, atau alat lain untuk menghilangkan bakteri sebelum dan sesudah menyiapkan makanan.

5. Jangan cuci daging ayam, sapi, babi, atau kambing sebelum memasak. Membilas daging di bawah air mengalir hanya akan menyebarkan bakteri karena air dengan mudah bisa terpercik ke benda-benda sekitarnya. Sebaliknya gunakan suhu panas untuk membunuh bakteri.

6. Gunakan talenan terpisah khusus daging mentah, sebaiknya bukan talenan yang berbahan kayu karena sukar dibersihkan.

7. Saat memasak atau memanggang daging, pisahkan daging mentah dan matang dalam piring yang berbeda.

8. Mengonsumsi daging mentah atau kurang matang membuat Anda rawan terkena bakterinya, oleh karena itu masak daging dalam suhu 140-180 derajat F (sekitar 60-80an derajat C)

9. Jika tak yakin dengan olahan daging yang tersaji di depan Anda, jangan ambil resiko.

share

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s