Puasa? Makan Ini Agar Tetap Bugar..

Bulan puasa tepat di depan mata. Sebentar lagi umat Muslim akan menjalankan ibadah puasa selama sebulan lamanya. Tentunya berpuasa bukan hal yang mudah karena mengubah kebiasaan makan yang dulunya 3 kali sehari, menjadi 2 kali saja. Agar tubuh tetap bugar sepanjang bulan puasa, berikut adalah makanan yang disarankan untuk dikonsumsi:

1. Sayuran hijau berbiji, seperti buncis, kacang panjang, kacang polong, dan oyong Sayuran hijau berbiji kaya asam lemak esensial berbentuk GLA (gamma linoleic acid) yang dapat menambah kekenyalan dinding sel sehingga menahan cairan dalam tubuh agar tidak cepat habis.

2. Ikan Ikan juga memiliki asam lemak esensial dalam bentuk omega 3. Mengonsumsinya menghindarkan tubuh dari kekurangan cairan selama puasa.

3. Nasi merah Nasi merah memiliki karbohidrat kompleks sehingga proses metabolisme berlangsung secara bertahap dan tidak memerlukan/ mengeluarkan energi berlebihan. Dengan kata lain mengonsumsi nasi merah membuat kita merasa kenyang lebih lama.

4. Buah-buahan Kita harus mengonsumsi buah-buahan untuk memenuhi kebutuhan vitamin guna menangkal penyakit. Sementara itu beberapa makanan yang harus dihindari adalah:

1. Buah-buahan yang bersifat diuretik Contohnya seperti semangka, tomat, timun, dan lain sebagainya karena akan membuat cairan tubuh terus-menerus keluar.

2. Makanan pedas dan kaya bumbu Kita harus menghindari makanan pedas dan kaya bumbu karena sifatnya yang merangsang panas dan keringat sehingga dapat mengurangi kadar cairan dalam tubuh.

3. Makanan manis Makanan manis ini mengandung kadar gula tinggi sehingga memicu pemakaian energi terlalu banyak. Selain itu mengonsumsi makanan manis dapat membuat kita cepat mengantuk.

Selamat berpuasa dengan sehat!

share

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s