4 Tips Pilih Gadget Aman Untuk Anak

Lebaran tinggal menghitung bulan! Menjalankan puasa sebulan penuh merupakan prestasi, khususnya untuk anak-anak. Biasanya para orangtua akan mulai memikirkan reward apa yang akan diberikan di hari Lebaran. Tak jarang juga gadget menjadi pilihan para orangtua sebagai hadiah Lebaran. Tetapi, gadget seperti apa sih yang tepat untuk anak-anak kita?

1. No Bluetooth and infrared?

Anak-anak yang masih berusia SD memiliki kecenderungan suka mengobrol dengan teman sebayanya, suka meniru dan memiliki rasa ingin tahu yang besar. Hindarilah memberikan gadget yang memberikan fasilitas Bluetooth atau Infrared yang memudahkan anak untuk bertukar gambar/video/lagu karena tidak menutup kemungkinan anak lain memiliki gambar/video/lagu yang tidak patut untuk anak-anak seusianya dan tersebar luas. Berikanlah gadget yang cukup untuk melakukan panggilan dan SMS.

Tentunya pemakaian pulsa berkaitan ini juga harus di bawah kendali orangtua.

2. Smartphone?

Gadget yang smart pun bisa menjadi dumb di tangan orang yang tidak tepat. Sesuaikan usia dengan spesifikasi gadget yang akan diberikan. Apakah fasilitas-fasilitas yang ada dalam smartphone dapat menunjang belajar si anak, atau malah memperburuk dengan banyaknya games menarik di dalamnya? Apakah si anak sudah cukup bijak menggunakan fasilitas akses internet di dalamnya ketika tanpa pengawasan orangtua? Jika Anda masih ragu, pikirkan kembali untuk memberikan smartphone ke buah hati.

3. Terlalu mewah?

Bisa jadi Anda merasa mampu untuk membelikan anak gadget setara iPad, tetapi pikirkan kembali apakah gadget tersebut cocok untuk anak seusianya? Apakah ia mampu merawatnya dengan baik dan mampu menempatkan diri ketika membawanya? Sesuaikan kelas gadget dengan kebutuhan anak Anda sehingga tidak menjadi kesenjangan sosial di lingkungannya bahkan kemungkinan mengundang orang berbuat jahat terhadap anak Anda.

4. Pengawasan orangtua?

Jika Anda tetap ingin memberikan gadget yang smart untuk buah hati, pastikan jangan lepas dari pengawasan Anda dalam pemakaiannya. Ada beragam software yang bisa digunakan untuk mengubah smartphone menjadi aman dipakai untuk si kecil, misalnya Kytephone yang dapat diinstall di ponsel berbasis Android. Software ini dapat mengatur siapa saja yang bisa ditelepon oleh si anak, game apa saja yang dapat dimainkan, bahkan dengan aplikasi yang dapat diintegrasikan ke kamera, kita dapat melihat foto apa yang diambil dengan system cloud storage-nya. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan GPS tracking yang memudahkan Anda untuk mengetahui keberadaan anak.

Pastikan Anda memilih gadget yang tepat untuk buah hati agar hadiah yang diberikan dapat membantunya untuk berkomunikasi dengan mudah dan tidak memberikan dampak negatif secara tidak disadari.

share

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s