4 Tips Tetap Kurus Usai Puasa

Biasanya usai puasa, kita akan terburu nafsu untuk makan banyak-banyak karena dikendalikan oleh rasa lapar yang berkecamuk. Bila hal ini dibiarkan, maka berat badan bisa memuncak drastis pada Lebaran nanti. Untuk itu perlu bagi kita mengingatkan diri, bahwa puasa lebih dari sekedar tak makan/minum, tetapi lebih kepada menahan dan mengendalikan hawa nafsu. Dengan begitu, saat jam berbuka tiba, kita takkan kehilangan kendali saat makan.

Berikut ini kami bagikan beberapa tips yang mungkin bisa membantu Anda tetap kurus saat Lebaran nanti.

1. Setelah tubuh terbiasa tak makan selama beberapa waktu, Anda perlu mengenalkan sejumlah kecil penganan berkualitas ketimbang langsung makan dalam porsi besar. Makanan yang dimaksud antara lain sayuran seperti brokoli, gambas, dan buah segar seperti semangka atau blueberry. Hindari makanan yang pedas, kecut, atau mengandung asam.

2. Lebih baik Anda mengonsumsi buah dan sayur tersebut dalam bentuk utuh ketimbang mengolahnya menjadi jus siap minum. Mengunyah dan menelan bisa meningkatkan metabolisme tubuh.

3. Untuk setiap hari puasa, Anda juga harus menghabiskan waktu yang sama untuk menyesuaikan diri dengan iklim pola makan baru. Misalnya jika Anda puasa 5 hari, butuh 5 hari juga untuk meningkatkan pola makan dari tidak makan apa-apa menjadi makanan berkualitas seperti buah dan sayur tadi, hingga ke tahap makanan yang paling susah untuk dicerna (contoh daging).

4. Jika perlu, ubah persepsi tentang makanan, misalnya manis sebagai reward dan sayur sebagai “hukuman” (sesuatu yang tak disukai). Ubah sikap dan berfokuslah pada makanan sehat agar berat badan tetap stabil.

share

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s