6 Tips Diet Dijamin Sukses

Saat ada kemauan, pasti ada jalan, termasuk soal diet. Itulah yang saya pelajari dari sepupu saya beberapa waktu lalu. Awalnya bobot tubuhnya mencapai 70 kg lebih, sekarang merosot hampir 20 kg. Kaget? Pasti.

Pola makannya yang baru, oatmeal plus pisang saat sarapan, makan siang hanya dengan 2-3 sendok nasi, plus sayur dan ikan, sedang malam hari hanya makan buah-buahan. Telurpun hanya 2 kali seminggu. Tak ada kopi seperti dulu lagi, hanya air putih.

Namun yang membuat dia berhasil turun banyak selama 4-5 bulan saja adalah komitmennya untuk tetap pada pola makan baru. Anda juga bisa sukses diet, bila mengikuti beberapa tips berikut.

1. Makan sayur

Mengonsumsi 5-7 porsi buah dan sayuran sehari sangat penting untuk setiap orang, khususnya mereka yang diet. Seperti yang kita tahu bersama, selain rendah kalori, jenis makanan ini juga kaya serat yang mengenyangkan. Makan menu berbasis sayuran menawarkan variasi gizi dengan kalori rendah.

2. Masak sendiri

Makan di luar memang menyenangkan, namun sebaiknya tidak dijadikan kebiasaan. Rahasia enak dari banyak restoran biasanya terletak pada mentega dan minyak yang dipakai, dan itu berarti lemak. Beberapa studi berkali-kali mendapati adanya relasi kuat antara makan di luar dengan naiknya berat badan. Memasak makanan sendiri bisa membantu Anda mengontrol jenis bahan yang dipakai, juga porsi yang diinginkan.

3. Whole grains

Kaya serat dan nutrisi seperti vitamin B6 (yang bisa meredakan gejala PMS) dan vitamin E yang baik untuk kulit. Whole grain juga menyediakan gizi karbohidrat yang dibutuhkan tubuh. Roti whole grain juga lebih baik ketimbang tawar putih biasa karena tepung roti biasa sedikit gizinya.

4. Aktif selalu

Aktivitas fisik yang aktif, entah itu senam, maraton, atau berjalan pulang juga bisa membakar kalori. Tak perlu selalu pergi ke gym untuk melakukannya, jalan naik tangga, mengajak anjing jalan, menyapu/mengepel lantai, berkebun, semua ini bila sering dilakukan juga sudah cukup oke.

5. Kontrol porsi makanan

Mengontrol porsi makan juga berperan penting dalam menurunkan berat badan. Makanan seperti kacang misalnya, meski sehat, namun ada baiknya tak dikonsumsi terlalu berlebihan.

6. Perhatikan yang Anda makan

Anda sudah memulai diet dengan program menu baru yang lebih sehat, jadi sekarang untuk mendapatkan hasil maksimal, tetaplah begitu. Membuat jurnal tentang makanan yang dikonsumsi juga bisa membantu menghilangkan berat badan lebih banyak lagi.

Mau turun berat badan? Kini saatnya…

share

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s