7 Tips Dongkrak Metabolisme Usai Puasa

Saat puasa, metabolisme tubuh seakan beristirahat. Dan begitu momen berbuka tiba, maka itu saatnya metabolisme harus dibangunkan kembali. Lalu, bagaimana cara aman mendongkrak metabolisme tubuh? Berikut beberapa tipsnya.

1. Mula-mula tenggaklah jus buah dan teh herbal. Pilih jus yang sudah mengalami proses pasteurisasi atau dikemas dalam botol, bukan yang segar, agar enzim di dalam jus tak terlalu aktif sehingga tidak membuat stres sistem pencernaan. Teh hijau juga merupakan pilihan terbaik untuk meningkatkan metabolisme dan bisa membantu fungsi cerna aktif lagi.

2. Minum banyak air dingin lebih disarankan karena air dingin menyerap lebih banyak energi ketimbang air hangat. Ingat bahwa asupan cairan sangat penting baik sebelum maupun sesudah puasa.

3. Konsumsi sedikit yogurt tawar saat puasa hari itu berakhir. Enzim pencernaan yang terkandung di dalamnya bisa membangunkan usus besar dan tidak menyebabkan konstipasi.

4. Setelah konsumsi jus dan yogurt sebagai pembuka, tambahkan juga seporsi buah-buahan seperti grapefruit, jeruk, dan anggur. Selain kaya air, buah-buah ini juga mudah dicerna dan bisa membantu penyelesaian proses pembersihan tubuh. Deretan buah tersebut juga pendongkrak metabolisme dan bisa membantu tubuh tetap membakar kalori.

5. Saat makan lebih baik dalam porsi kecil yang sering, ketimbang porsi besar sekaligus agar metabolisme stabil dan tidak berfluktuasi naik-turun.

6. Alternatif lainnya adalah dengan mengonsumsi sayuran mentah segar yang kaya serat dan gizi.

7. Makan sup juga membantu memanaskan “mesin” pencernaan tubuh.

Selamat berpuasaūüôā

share

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s