Liburan Aman Bersama Jejaring Sosial

Setelah disibukkan dengan rutinitas sehari-hari yang melelahkan, akhirnya tiba juga saat liburan yang dinantikan. Menyiapkan segala peralatan yang dibutuhkan ketika liburan, memang menjadi kewajiban. Memastikan kondisi rumah dalam keadaan aman ketika ditinggalkan juga tidak boleh terlupa. Tapi tahukah Anda, ada hal-hal yang sebaiknya tidak Anda lakukan/tuliskan pada jejaring sosial ketika berlibur. Apa sajakah itu?

1. Update rencana liburan Anda? No!

Rasa senang karena menyambut liburan memang sah-sah saja. Tetapi sebaiknya Anda tidak menuliskannya di jejaring sosial, apalagi menghitung mundur waktu hingga liburan tiba. Hal ini memudahkan orang yang berniat jahat pada rumah/ Anda secara pribadi untuk mempersiapkan rencana buruknya.

2. Check-in Foursquare seperlunya

Check in di Foursquare saat berada di suatu tempat terkenal ketika berlibur memang dapat merebut perhatian followers/friends sekaligus menaikkan nilai diri. Tapi tahukah Anda bahwa itu akan memudahkan orang jahat yang mengintai untuk menemukan keberadaan Anda dengan mudah? Selain itu, orang yang ingin berbuat jahat pada rumah Anda dapat dengan mudah mengidentifikasi keberadaan Anda yang jauh dari rumah? Jadi tidak perlu check-in di Foursquare setiap pindah tempat kan?

3. Atur Privacy Setting jejaring sosial yang Anda miliki

Mengapa penting untuk mengatur Privacy Setting dalam jejaring sosial sebelum berwisata? Misalnya Anda meletakkan nomor telepon dan alamat rumah pada jejaring sosial tersebut, kemudian Anda memberikan informasi bahwa Anda akan pergi meninggalkan rumah dalam waktu beberapa hari, maka hal ini akan memudahkan orang yang ingin berbuat jahat pada rumah Anda.

4. Pilah-pilah dalam mengupdate Status & mengupload Foto Liburan

Pada saat berlibur tentu banyak pengalaman baru dan mengasyikkan yang ingin Anda bagi pada followers/friends. Pilihlah hanya foto terbaik Anda dan share status yang sekiranya informatif bagi followers/friends. Jangan mengupload foto atau sharing status yang merugikan diri sendiri, misalnya menurunkan reputasi dengan mengupload foto ketika mabuk di sebuah bar.

Selain memastikan rumah dalam pengamanan dengan mengunci dan memasang alarm, tentunya perilaku aman kita di jejaring sosial turut menjaga kita dari hal-hal yang berbahaya saat liburan. Selamat berlibur dengan aman dan nyaman! (*wnd)

share

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s