Teknologi “Self-Healing” Sentuh Mobil dan Lensa Kontak

Masih ingat dengan ulasan beberapa waktu lalu tentang teknologi Nissan yang mampu sembuhkan iPhone? Rupanya pihak Catarina Esteves selaku pemimpin studi dari Technische Universiteit of Eindhoven (Belanda) tak mau ketinggalan dalam inovasi serupa.

“Mantel” baru untuk mobil dan smartphone sedang dikembangkan. Tak hanya bisa menyembuhkan diri sendiri (self-healing) dari goresan, namun agen self-cleaning-nya juga dapat membuat kita libur dari rutinitas mencuci mobil.

Lapisan baru ini memuat sekumpulan molekul kecil di permukaan yang dinamai “stalks” (tangkai). Dalam tangkai inilah agen kimia penting tersebut berada. Saat lapisan mobil atau ponsel tergores, tangkai tersebut menunggu di bawah untuk menciptakan ulang permukaan baru. Senangnya lagi lapisan ini juga bisa diterapkan pada lensa kontak, serta badan kapal dan pesawat terbang. Masalahnya sekarang adalah lapisan baru ini hanya bisa menyembuhkan goresan yang tak sampai merusak lapisan itu sendiri. Studi ini dipublikasikan dalam jurnal Advanced Materials.

share

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s