Menshn Sengaja Saingi Twitter?

Mungkin tak banyak yang tahu tentang keberadaan situs Menshn (baca: mension, dari kata “mention”) yang diluncurkan bulan Juni lalu. Situs ini sempat menjadi buah bibir di media massa setelah pendirinya Louise Mensch mendapat tambahan 40 ribu follower di akun Twitter-nya hanya dalam kurun waktu 24 jam. Wow..

Mensch yang mengaku bahwa itu adalah ulah hacker, meluruskan bahwa situs buatannya, Menshn, hanya dibuat untuk membicarakan topik-topik tertentu saja, tidak seperti Twitter lebih luas. Mensch saat ini hanya tersedia di Amerika Serikat dan memang ditujukan untuk diskusi online seputar pemilihan Presiden mendatang.

Meski begitu, Menshn jelas berhutang banyak pada Twitter jika menyangkut desain dan konsepnya. Para anggotanya diajak untuk berkicau dan membagikan link dalam kolom yang disediakan. Perbedaan utamanya dengan Twitter hanyalah bahwa diskusi yang ada harus melewati tahap persetujuan, jadi mengurangi spam yang kini banyak terdapat di Twitter. Keunggulan lain dari Menshn adalah ruang kicau yang lebih besar dari Twitter (140), yakni 180 karakter.

share

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s