Tanda Anda Salah Teknik Cuci Rambut

Bagaimana cara Anda mencuci rambut? Apakah dibasahi dulu lalu diberi shampo, digosok-gosok, kemudian langsung bilas? Berikut ini kami bagikan petunjuk tentang teknik yang salah dalam mencuci rambut. So, don’t do itūüôā

1. Rambut kurang basah

Saking ingin busanya banyak, mungkin Anda sengaja tidak terlalu membasahi rambut saat ingin memberi shampo. Atau Anda tergesa-gesa sehingga terpaksa multitasking dalam kamar mandi….?

Harusnya rambut dibasahi dulu sebelum diberi shampo. Sama halnya dengan pot kotor yang lebih mudah dibersihkan setelah direndam dalam air hangat, rambut dan kulit kepala akan lebih mudah menerima shampo jika tiap bagiannya dalam keadaan basah.

2. Men-shampo ujung rambut

Jangan lakukan ini. Ada baiknya Anda fokus pada kulit kepala, tempat dimana minyak diproduksi. Ujung rambut biasanya merupakan bagian yang paling kering, memberinya shampo hanya akan mengurangi kelembabannya. Hukum sama berlaku untuk kondisioner, namun kebalikannya: tak perlu mengaplikasikannya ke akar rambut karena hanya akan membuatnya tambah berminyak. Fokus pada ujung rambut atau bagian rambut yang kering.

3. Mencuci terlalu sering atau sebaliknya, jarang

Ada rambut yang bisa bertahan seminggu, tapi lainnya perlu dicuci setiap hari. Cari tahu tipe rambut dengan bereksperimen, menunda ataupun meningkatkan frekuensi keramas, dan lihat bagaimana responnya. Rambut keriting misalnya cenderung lebih kering dan bisa bertahan lama tanpa terlalu sering keramas, berbeda dengan rambut lurus yang mudah berminyak. Mereka yang aktif dan banyak bekerja di luar juga harus mencari formula shampo yang lembut untuk pemakaian setiap hari.

4. Membiarkan residu menumpuk

Apakah Anda sering memakai produk kimia seperti semir, hairspray, foam, atau lainnya? Setelah beberapa waktu, residu dari tiap produk akan menumpuk di rambut dan merusak kesehatan serta keindahannya. Untuk masalah ini gunakan shampo clarifying agar rambut kembali bersih, pilih yang tidak menyebabkan rambut kering.

share

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s