6 Manfaat Sehat Susu Kedelai

Selain mengonsumsi kurma, para pediet harus minum susu kedelai. Ya, minuman dari ekstrak kedelai ini memang terkenal di antara para vegan yang lebih memilihnya ketimbang susu sapi. Bahkan kini susu yang mengandung ragam nutrisi seperti vitamin A, B12, kalsium, dan zat besi ini juga dijual dengan berbagai macam rasa seperti cokelat, melon, dan strawberry. Lalu apa manfaat baiknya?

1. Membantu menurunkan berat badan

Jumlah gula yang ada dalam susu kedelai umumnya lebih rendah ketimbang susu sapi, begitu juga dengan kalorinya. Secangkir susu kedelai hanya memuat 105 kalori, dan ini berarti kesempatan kecil untuk naiknya berat badan. Manfaat lainnya didapat dari kandungan asam lemak tak jenuhnya yang bisa membantu usus menyerap lemak. Selain itu, susu ini juga sumber serat yang bisa membuat perut terasa kenyang, sehingga Anda tak terlalu banyak makan.

2. Menjauhkan penyakit dari wanita menopause

Kadar estrogen dalam tubuh wanita menopause umumnya rendah, dan ini bisa memicu timbulnya berbagai penyakit, seperti jantung, diabetes, dan obesitas. Selain itu mood juga mudah naik turun pada tahap ini. Susu kedelai juga memuat Phtoestrogen yang dapat mengisi kekosongan estrogen dalam tubuh, sekaligus melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit.

3. Mencegah osteoporosis

Susu kedelai jelas merupakan sumber kalsium yang dapat diandalkan untuk mencegah tulang keropos. Dan untungnya lagi, Phtoestrogen juga bisa meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh.

4. Menjaga pembuluh darah tetap sehat

Kandungan Omega-3 dan Omega-6 (lemak baik) yang ada di dalam susu kedelai bisa menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Keadaan ini menjadikan pembuluh darah tetap sehat dan sirkulasi darah juga lancar, sehingga menjauhkan penyakit berbahaya seperti serangan jantung dan stroke.

5. Melawan kanker prostat

Lagi-lagi kandungan Phytoestrogen yang berjasa dalam hal ini. Beberapa studi menyebutkan bahwa pria yang mengonsumsi susu kedelai secara teratur beresiko lebih rendah terkena kanker prostat.

6. Mendongkrak sistem imun

Sekitar 75% penduduk dunia tak dapat menoleransi laktosa, dan untungnya kandungan ini tak ada di dalam susu kedelai. Selain itu, kandungan gula prebiotiknya dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi racun dalam tubuh.

Ayo, minum susu kedelaiūüôā

share

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s