Tips Atasi Noda Kuning Pakaian di Area Ketiak

Noda kuning akibat pemakaian deodorant memang bisa mencemari keindahan pakaian yang paling mahal sekalipun. Cara mencegah dan mengatasinya?

1. Mengapa ini bisa terjadi?

Noda yang ditimbulkan ketiak disebabkan adanya reaksi bahan anti-perspirant dan garam yang terkandung dalam keringat. Kebanyakan produk anti-perspirant mengandung aluminium (berguna untuk mengurangi basah pada area ketiak). Masalahnya, bahan inilah yang justru menyebabkan timbulnya noda tersebut. Nodanya mungkin tak muncul dalam semalam, namun bila tak ditangani dengan benar, maka akan menumpuk.

2. Bagaimana mencegahnya?

Kenakan pakaian dalam untuk membantu mencegah noda mencemari busana luar yang mahal. Namun jika tak memungkinkan, ganti produk deodorant dengan yang bebas aluminium. Baca label dan Anda akan menemukan bahwa beda produk, beda pula kandungannya. Pilih yang kadar aluminiumnya paling rendah.

Setelah memakai deodorant, keringkan sebelum berpakaian untuk mencegahnya mencemari bahan pakaian. Jika terburu-buru, keringkan dengan hair dryer sejenak.

3. Cara menghilangkannya?

Perhatikan bagaimana Anda harus mencuci pakaian itu. Bila hanya dry clean satu-satunya cara, maka lakukan setiap habis pakai agar noda tidak menumpuk. Namun bila dapat dicuci dengan cara lain, gunakan metode di bawah ini. (Sukses-tidaknya noda yang hilang tergantung dari seberapa parah tumpukan noda yang ada).

Dengan perbandingan sama antara baking soda, hidrogen peroksida, dan air. Campur untuk menghilangkan noda di sehelai pakaian. Lindungi bagian atas pakaian dengan handuk tebal. Gosokkan adonan ke noda, diamkan 30 menit. Gunakan sikat gigi untuk menghilangkan residu, lalu cuci seperti biasa dengan air panas/ dingin.

Untuk pakaian warna cerah, tes adonan lebih dulu di tempat tersembunyi. Jika tak ada tanda-tanda pudar, maka metode ini bisa digunakan.

Untuk pakaian warna gelap, hapus tumpukan noda dan segarnya aroma busana dengan mengisi mesin cuci dengan air dingin, tambahkan 1 cangkir cuka putih. Rendam 30 menit, buang airnya, lalu cuci seperti biasa dengan air dingin.

share

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s