6 Keuntungan Seputar Diet Karbohidrat

Biasanya orang menjauhi karbohidrat jika ingin kurus, padahal faktanya Anda bisa tetap langsing meski tetap makan karbo. Berikut kami bagikan 6 keunggulan dari diet karbohidrat.

1. Tetap kurus

Berbagai studi mendapati bahwa pemilik tubuh terlangsing sekalipun tetap mengonsumsi karbohidrat, sementara mereka yang gemuk didapati makan lebih sedikit. Para peneliti menyimpulkan bahwa 361 gram karbohidrat itulah ukuran porsi terbaik untuk tetap kurus. Porsi tersebut seimbang dengan beberapa roti kentang panggang, penganan yang mungkin selalu Anda hindari selama ini.

2. Tetap kenyang

Banyak makanan karbohidrat berperan sebagai pengendali nafsu makan yang baik, bahkan beberapa lebih mengenyangkan ketimbang protein dan lemak. Para karbohidrat istimewa (Resistant Starch/ zat tepung resisten) ini membuat kenyang karena dicerna lebih lambat daripada makanan lain. Mereka di antaranya adalah biji-bijian, legume, gandum, kentang, tepung pisang hijau, jagung tinggi amilum, cornflakes, lentil, dan oatmeal.

3. Menghilangkan rasa lapar

Begitu rasa lapar dipuaskan dengan serat dan makanan tipe Resistant Starch, sesuatu yang mencengangkan terjadi: Dalam 2 hari, rasa ingin makan itu menghilang. Berita baik lainnya adalah bahwa karbohidrat juga meningkatkan level hormon puas sehingga memberitahu otak bahwa tubuh tak lagi lapar.

4. Membantu mengontrol kadar gula darah dan diabetes

Perpaduan tepat dari karbohidrat mampu mengendalikan gula darah dan menjauhkan diabetes. Kesimpulan ini didapat dari sebuah penelitian dari Beltsville Human Nutrition Center (USDA). Ketimbang mengonsumsi beras putih, beralihlah ke beras cokelat dan padukan dengan kacang, jagung, atau makanan Resistant Starch lainnya.

5. Mempercepat metabolisme

Lagi-lagi karbohidrat jenis Resistant Starch yang diakui dapat mempercepat metabolisme dan membakar lemak secara alami. Hal ini dikarenakan saat dicerna, karbohidrat ini melepaskan asam lemak yang mendorong pembakaran lemak, khususnya di area perut.

6.Membuat perasaan nyaman

Ada perasaan senang dan nyaman saat mengetahui bahwa berat badan bisa turun walau tetap mengonsumsi karbohidrat. Sepertinya untuk pertama kalinya, Anda bisa makan normal dan tetap kurus.

share

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s