7 Manfaat Sehat Rumput Laut

Para penggemar seaweed atau rumput laut mungkin sudah sering mendengar bahwa Nori (sebutan rumput laut dalam bahasa Jepang) memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. Namun tahukah Anda apa sajakah itu? Kita simak yuk ulasannya berikut ini.

1. Sumber protein yang dapat diandalkan

Kebanyakan rumput laut mengandung asam amino tinggi, menjadikannya dapat diandalkan sebagai sumber protein bagi mereka yang vegan atau ingin diet. Sama seperti kebanyakan sayur lain, rumput laut mengandung vitamin A (beta carotene) dan C. Selain itu, Kim (sebutan rumput laut dalam bahasa Korea) juga kaya akan potasium, zat besi, kalsium, yodium, dan magnesium, karena semua mineral ini terdapat dalam air laut.

2. Pengontrol berat badan

Selain kalorinya hanya sebesar 5-20 per sajian, penganan ini juga bebas lemak. Kandungan seratnya yang tinggi juga menyebabkan perut kenyang lebih lama sehingga bisa membantu mereka yang diet.

3. Pengganti garam

Setelah butiran-butirannya dites di Inggris, maka didapati bahwa rumput laut bisa menggantikan sodium/ garam untuk snack kemasan atau makanan proses lainnya. Rasa asinnya yang alami bisa mengurangi resiko tekanan darah tinggi, plus serangan jantung dan stroke.

4. Meregulasi gula darah

Saat dikonsumsi sebagai bagian dari menu makanan, rumput laut dapat membantu menyeimbangkan gula darah. Sifat seratnya yang mudah larut membantu memperlambat laju cerna dan penyerapan makanan ke dalam darah.

5. Membantu pencernaan

Agar-agar selaku salah satu produk dari rumput laut juga merupakan serat yang mudah larut. Jika dipakai sebagai obat cuci perut, agar-agar menyerap air dalam usus dan membengkak. Ini menciptakan pergerakan dalam usus yang dapat membantu pembuangan.

6. Anti kanker dan anti radang

Meski masih teruji di binatang, namun beberapa penelitian mendapati bahwa rumput laut yang kini dibuat dalam berbagai rasa seperti paprika, sapi panggang, dan lain-lain ini juga bisa dimanfaatkan sebagai anti kanker dan anti radang.

7. Pelepas stres

Stres bisa membuat kelenjar adrenalin kelelahan. Untungnya ada kandungan magnesium dan asam pantothenic serta riboflavin – 2 kandungan vitamin B yang diperlukan untuk produksi energi – yang bisa menjaga kesehatan kelenjar ini.

share

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s