9 Resep Facial Sederhana

Liburan kali ini jangan hanya dibuat untuk bepergian dan belanja. Coba luangkan sejenak waktu untuk merawat wajah. Tak perlu ke salon, Anda bisa melakukan facial sendiri di rumah dengan beberapa resep sederhana berikut.

1. Kulit berminyak dan berjerawat: facial putih telur

Selain mengencangkan pori-pori, putih telur juga kaya protein yang dapat memperbaiki kulit serta menyerap kelebihan minyak, sehingga jerawat dapat teratasi. Pisahkan kuningnya lalu kocok putih telur dengan 1 sdt perasan lemon selama 1 menit. Aplikasikan ke wajah yang sudah dibersihkan dan dalam keadaan kering, lakukan di wastafel agar adonan masker tak menetes kemana-mana. Diamkan 10-15 menit, dan begitu masker retak, cuci wajah dengan air hangat.

2. Kulit berminyak dan berjerawat: facial aspirin

Jika tak alergi aspirin, maka resep facial dari blogger Makeup (Lacy) ini patut dicoba. Kandungan salisilat dalam aspirin merupakan penangkis jerawat yang cukup hebat. Gilas 4 butir pil aspirin sehingga menjadi bubuk halus, tambahkan air untuk menciptakan pasta. Jika Anda ingin masker yang lebih tebal, tambahkan sedikit madu. Setelah tercampur rata, oleskan ke wajah yang sudah dibersihkan dan dalam keadaan kering. Hindari area mata dan lubang hidung. Diamkan 10 menit, lalu basuh.

3. Kulit kering: facial alpukat

Minyak berlemak dalam alpukat dapat melembabkan kulit kering. Lumat setengah buah alpukat hingga menjadi bentuk krim. Tambahkan 1 sdm madu ke dalamnya. Jika kulit dalam keadaan iritasi, tambahkan sedikit yogurt tawar untuk efek pereda. Untuk kulit super kering, tambahkan 1/4 cangkir minyak zaitun murni. Setelah adonan tercampur rata, aplikasikan ke wajah kering dan bersih, serta leher. Diamkan 15-20 menit, dan untuk efek relaksasi, teteskan minyak esensial sebelum aplikasi.

4. Kulit kering: facial pisang

Lumat 1 buah pisang hingga lembut, tambahkan 2 sdm madu sebagai pembersih kulit. Jika adonan terlalu pekat, tambahkan sedikit air. Aplikasikan ke kulit bersih dan kering, diamkan 10-20 menit. Bilas dengan air hangat.

5. Kulit kusam: facial pepaya

Enzim dalam pepaya berfungsi sebagai agen pengelupas alami yang dapat menangkal radial bebas (menurut Skinny Chef, Jennifer Iserloh). Kupas, buang biji, lalu potong kecil-kecil. Tambahkan 1/4 cangkir madu untuk pembersih alami. Gunakan blender untuk mencampur adonan. Aplikasikan ke wajah kering dan bersih, hindari area mata. Diamkan 10-15 menit lalu bilas dengan air hangat. Bilas hingga bersih agar wajah tak berubah jadi oranye karena cairan pepaya.

6. Kulit kusam: facial lemon dan garam

Campurkan cairan lemon ke dalam 1/4 cangkir garam laut, terserah Anda mau adonan pekat atau encer (tambahkan lemon). Aplikasikan ke wajah bersih dan kering, hindari area sensitif. Diamkan beberapa menit dan biarkan lemon mengangkat sel kulit mati, lalu cuci dengan air hangat.

7. Kulit kusam: facial oatmeal

Teksturnya yang kasar menjadikan oatmeal pas untuk bahan eksfoliasi sel kulit mati. Campurkan 2 sdm oatmeal mentah tawar dengan 1 cangkir susu, panaskan hingga terbentuk adonan pekat. Asam laktat dari susu juga bisa mengangkat sel kulit mati. Angkat dari kompor dan tambahkan 2 sdm minyak zaitun untuk agen pelembab. Tunggu hingga adonan hangat, lalu aplikasikan pada wajah bersih dan kering. Bilas dengan air hangat setelah 20-30 menit.

8. Kulit iritasi/ terbakar matahari: facial yogurt

Aplikasikan 1 cangkir yogurt tawar ke wajah bersih dan kering. Diamkan 15-20 menit, lalu bilas dengan air hangat. Asam laktat dari yogurt bisa meredakan iritasi, dan probiotiknya dapat menyembuhkannya. Jika Anda berada paparan sinar matahari terlalu lama, tambahkan 2 sdt aloe ke dalam yogurt untuk efek dingin.

9. Kulit iritasi/ terbakar matahari: facial labu

Campur 2 sdt labu yang sudah dilumat dengan 1/2 sdt madu dan 1/4 sdt whipping cream. Campur semua bahan hingga membentuk pasta tebal, aplikasikan ke wajah bersih dan kering. Diamkan 10 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Vitamin A dalam labu mengandung agen penyembuh dan dapat memperbaiki jaringan kulit yang iritasi.

share

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s