10 Menu Sarapan Super Sehat

Sarapan setiap pagi sebelum memulai aktivitas terbukti dapat mendongkrak performa otak, mengatur berat badan, dan meningkatkan asupan gizi yang diperlukan tubuh. Demi membantu Anda memulai pagi dengan makanan yang tepat, beberapa menu terbaik berhasil dihimpun dari pakar diet Dawn Jackson Blatner.

1. Berry

Rendah kalori dan kaya vitamin serta mineral, begitu juga antioksidan dan fitonutrien-nya yang bisa melawan resiko jantung serta kanker. Tambahkan secangkir berry segar (strawberry, blueberry, atau raspberry) ke dalam sereal pagi, atau yogurt.

2. Sereal

Penganan satu ini sering ditolak karena kandungan gulanya dianggap tinggi, namun ada nutrisi tersembunyi di dalamnya. Periksa kemasan dan carilah produk yang mengandung serat minimal 3 gram, dengan gula maksimal 6 gram per sajian. Selain itu, pilih sereal yang berbahan dasar gandum.

3. Cottage cheese

Keju lembut yang dibuat dari dadih dan memiliki rasa asam ini sangat kaya protein dan kalsium. Untuk membatasi diri dari asupan lemak jenuh, pilih yang hanya mengandung 1-2% lemak susu. Jika Anda kurang suka teksturnya, lumat dan gunakan sebagai selai untuk roti panggang dan santap bersama potongan apel plus kayu manis sebagai taburannya.

4. Telur

Penganan kaya protein satu ini umumnya dimanfaatkan untuk menyeimbangkan sarapan sehingga Anda bisa kenyang pada sepanjang pagi. Tak perlu prihatin dengan kolesterolnya selama Anda selalu makan banyak serat setiap harinya.

5. Green tea

Karena kaya antioksidan (katekin) yang bisa mencegah kerusakan sel tubuh, maka Blatner menyarankan untuk mendiamkan teh hijau 4-5 menit agar katekinnya dihasilkan. Keuntungan lain dari teh hijau adalah kafeinnya yang 60% lebih sedikit ketimbang kopi.

6. Oatmeal

Selain membuat kenyang lebih lama, seratnya yang mudah larut berjasa besar dalam menurunkan kolesterol dan meregulasi gula darah. Hindari produk instan tinggi gula, pilih yang tawar saja. Anda bisa menambahkan kacang dan potongan pisang atau apel sebagai penambah rasa.

7. Mentega kacang

Kaya akan lemak tak jenuh sehingga kolesterol jahat berkurang. Sumber yang baik untuk protein ini juga bisa membuat perut terasa penuh lebih lama. Hanya batasi konsumsinya hingga maksimal 2 sdm tiap makan.

8. Smoothies

Mudah dan lezat karena dibuat dari buah, sayur, dan susu atau yogurt. Pilih susu rendah lemak dan yogurt tawar lebih baik. Tambahkan flax seed atau segenggam kale untuk menambah gizi.

9. Roti gandum

Dibandingkan jenis tawar putih biasa, roti ini lebih kaya serat dan nutrisi seperti zat besi, vitamin B, dan E.

10. Yogurt

Dikemas dengan protein dan kalsium, minuman ini memang segar bila dinikmati saat pagi. Hanya pastikan Anda memilih yang tawar, dan tambahkan pemanis sendiri misalnya dengan buah-buahan atau madu.

Have a healthy breakfastūüôā

share

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s