11 Tips Perpanjang Kesegaran Buah dan Sayur di Lemari Es

Apakah selalu ada makanan yang terlupakan, dan kemudian terbuang percuma dari kulkas/ lemari es Anda? Saatnya menghentikan kebiasaan buruk membuang makanan dengan beberapa tips berikut ini.

1. Beberapa buah dan sayuran memproduksi gas etilen saat berangsur matang. Masalahnya gas ini bisa membuat buah lain yang sensitif terhadapnya, masak prematur. Jadi ada baiknya memisahkan tempat penyimpanan antara kedua jenis buah tersebut.

Berikut daftar buah yang memproduksi etilen: aprikot, alpukat, pisang, blewah, melon madu, kiwi, mangga, nektarin (sejenis persik), pepaya, peach, pear, plum, dan tomat. Sedangkan ini lho buah yang sensitif terhadap etilen: apel, asparagus, brokoli, wortel, timun, terong, buncis, kubis dan sayuran hijau lainnya, kentang, dan semangka.

2. Simpan kentang, bawang, dan tomat di tempat kering dan sejuk, namun bukan di lemari es karena suhu dingin bisa merusak cita rasanya.

3. Simpan buah dan sayur belum matang seperti pear, peach, plum, kiwi, mangga, aprikot, alpukat, melon, dan pisang di luar kulkas. Sekali masak, pindahkan ke dalam lemari es. Kulit pisang mungkin akan berubah menjadi kecokelatan, namun daging buahnya tetap segar.

4. Simpan sayuran hijau segar dalam kantung yang diisi sedikit air, lalu bungkus rapat.

5. Buah sitrus seperti jeruk dan lemon bisa disimpan hingga seminggu di tempat sejuk yang jauh dari paparan sinar matahari langsung, namun Anda bisa memperpanjang kesegarannya dengan menyimpannya dalam kantong plastik berlubang di lemari es.

6. Bungkus seledri dengan aluminium foil, dan simpan dalam wadah khusus sayur dalam kulkas.

7. Sayur lain seperti wortel, kubis, dan brokoli biasanya cepat busuk setelah dipetik, jadi simpan dalam plastik segera dalam keadaan kering dalam lemari es.

8. Buang bagian atas nanas dan letakkan terbalik terbalik. Posisi ini membantu mendistribusikan kandungan gulanya ke bagian bawah sekaligus mempertahankan kesegarannnya lebih lama.

9. Hindari mencuci berry sebelum dimakan agar tak memicu pertumbuhan jamur.

10. Jika Anda suka mencuci, mengeringkan, dan memotong buah dan sayur pada sekali waktu, simpan dalam toples gelas yang dilapisi dengan kertas makan.

11. Jika ada buah atau sayur yang busuk, buang bagian tersebut sebelum mencemari lainnya.

share

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s