Traktiran Batalkan Diet?

Diet Anda kerap batal karena traktiran atau saat kumpul-kumpul dengan teman? Ya, tawaran hang out sekaligus makan bersama memang menggiurkan karena tak hanya mengandung unsur vitamin G (Gratis) namun juga ada sosialisasi menyenangkan di dalamnya.

Agar diet tetap jalan tanpa mengabaikan tiap tawaran di atas, ada baiknya Anda simak beberapa tips yang mau lewat berikut.

1. Jangan pesan apa yang teman pesan

Mereka yang tidak diet tentu tak terlalu memikirkan kalori makanan yang dipesan. Mungkin teman Anda bahkan berencana makan sekenyangnya dengan tiap menu menggiurkan yang dipilihnya. Namun, Anda jelas harus menahan diri dengan memesan makanan yang tak memuat terlalu banyak kalori atau lemak jenuh, misalnya yang kaya sayuran seperti salad tanpa mayonaise, atau menu anak-anak yang porsinya mini juga boleh.

2. Jangan makan apa yang mereka makan

Saat makanan disuguhkan mungkin Anda tergoda untuk mencicipinya. Jika diet tak terlalu ketat, bolehlah mencicipi sedikit, namun cukup sampai di situ. Selanjutnya nikmati dan kenyangkan diri dengan porsi pesanan sendiri. Demikian juga saat jalan dengan teman usai lunch, jika ia membeli es krim, hindari melakukan hal yang sama karena bisa menambah kalori ekstra. Selalu dengarkan tubuh Anda, bukan bujukan teman.

3. Bawa snack sendiri

Diskusi atau reuni di rumah teman memang asyik apalagi bila tersedia aneka kue yang menggugah selera. Sayangnya, muatan suguhan tersebut bisa jadi tak ramah untuk program diet Anda. Jadi, ada baiknya saat teman-teman mulai mengudap, Anda membuka sendiri snack yang dibawa dari rumah.

4. Hindari lalai saat senang

Kebersamaan yang menyenangkan apalagi disertai obrolan seru bisa membuat Anda lalai memperhatikan apa saja yang masuk dalam tubuh, baik itu makanan atau minuman. Ingatkan diri selalu, berfokuslah pada percakapan yang ada, bukan makanan.

5. Beritahu mereka

Hal terakhir yang tak kalah penting adalah memberitahu teman bahwa Anda dalam program diet, dan menolak asal makan/ penganan tak sehat. Dengan keterbukaan bisa membuat teman tak memaksa Anda mencoba makanan yang mereka pesan/ minati.

share

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s