Penyegar Mulut Mana Yang Harus Anda Pilih?

Ada begitu banyak jenis produk penyegar mulut (mouthwash) di luar sana, lalu manakah yang harus Anda pilih? Tentukan pilihan Anda sesuai beberapa kondisi mulut berikut ini.

1. Sekedar bau mulut (tanpa masalah gusi dan gigi berlubang)

Pilih yang mengandung klorin dan zinc sebagai bahan utamanya, karena keduanya bisa mengurangi bau akibat ulah bakteri.

2. Bau mulut dan penyakit gusi

Ada baiknya Anda memilih produk penyegar yang mengangdung formula antibakteri (biasanya bisa melawan bau mulut, plak, dan gingivitis. Formula antibakteri bisa mengurangi bakteri dalam mulut hingga 75%.

3. Gigi berlubang

Pilih yang mengandung fluoride sehingga gigi bisa terlindungi dan email bisa dikuatkan. Meski fluoride merupakan satu-satunya bahan yang bisa mencegah gigi berlubang, namun kandungan ini tak bisa mencegah penyakit gusi. “Sayangnya lagi, bahan ini tak bisa harmonis saat dipadukan dengan formula antibakteri, jadi sulit untuk mendapatkan semua perlindungan dalam satu paket,” ujar John Featherstone, Ph.D., salah seorang profesor gigi di University of California, San Francisco.

4. Saat gusi bermasalah

Saat gusi mulai bermasalah, entah pada tahap awal (Gingivitis) atau yang lebih parah (Periodontitis), maka diperlukan klorheksidin (chlorhexidine) sebagai bahan aktif dalam mouthwash. Kandungan ini mengandung agen antibakteri yang cukup kuat dan merupakan satu-satunya bahan yang disetujui untuk melawan penyakit gusi oleh U.S. Food and Drug Administration. Namun, klorheksidin bisa menodai warna gigi sehingga kecokelatan. Dan mouthwash yang mengandung klorheksidin biasanya hanya boleh dibeli berdasarkan resep dokter agar ia bisa mengamati dampak noda yang ditimbulkan. Selain itu, mouthwash yang mengandung klorheksidin kebanyakan juga mengandung alkohol.

share

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s