10 Bahan Alami Pengganti Gula

Rasa manis memang menggoda dan bisa menimbulkan ketagihan. Namun kita tahu asupan gula berlebih bisa meningkatkan resiko berat badan naik, penuaan dini, serta diabetes. Sejak lahir, kebanyakan kita telah mengonsumsi banyak makanan manis, dan bila diteruskan, maka jelas bahwa keadaan ini buruk bagi jantung dan juga lingkar pinggang Anda. Berikut ini kami bagikan beberapa bahan alami yang bisa dipakai sebagai pengganti gula.

1. Madu alami

Madu berlimpah dengan agen antibakteri dan antijamurnya sehingga sering dimanfaatkan untuk mengobati luka. Rasa manisnya juga pas untuk kebanyakan hidangan, hanya jika ingin menggunakannya sebagai pengganti gula, cukup pakai sedikit saja.

2. Garam

Yang satu ini memang tampak kontradiksi, namun sedikit (terlalu banyak sodium berbahaya bagi jantung) tambahan garam ternyata bisa meningkatkan rasa manis pada banyak bumbu dan penganan, terutama yang mengandung buah segar. Cobalah..

3. Susu organik/ krim

Umumnya susu mengandung laktosa, salah satu jenis gula alami. Saat minum kopi misalnya, coba tambahkan sedikit susu sebagai pengganti gula. Selain mengurangi asupan gula, Anda juga mendapat bonus kalsium bukan?

4. Parutan wortel

Rasa manis dalam wortel bisa dimanfaatkan bila Anda ingin membuat saus spagetti sendiri. Bonusnya, Anda mendapat tambahan vitamin A dan betakaroten. Ide lain adalah muffin wortel. Hmm…yummy.

5. Bit

Kebanyakan gula hasil penyulingan yang kita konsumsi berasal dari bit karena tanaman ini merupakan salah satu di antara tumbuhan yang paling manis rasanya. Anda bisa menambahkan manisnya pada minuman maupun makanan seperti sup misalnya.

6. Perasan jeruk

Buat sendiri saus salad Anda dengan mencampurkan minyak zaitun dan perasan jeruk/ lemon. Sudah sehat, segar, kaya vitamin C pula.

7. Bawang karamel

Mungkin yang satu ini terdengar aneh, namun bawang memang tinggi akan kandungan gulanya. Kita tidak merasakannya karena rasa dan bau tajamnya lebih mendominasi. Kaya akan polifenol, bawang merupakan salah satu jenis umbi yang paling sehat. Aduk perlahan di atas api kecil, dan biarkan rasa manisnya keluar. Bawang yang di”karamel”kan ini bisa dipakai sebagai pengganti kecap atau sirup jagung.

8. Sirup maple

Sirup satu ini biasanya dipakai sebagai saus hidangan pancake, namun tak hanya itu saja. Anda juga bisa memanfaatkannya sebagai pengganti gula saat ingin memanggang kue/ roti, maupun minuman kopi. Untungnya bukan hanya rasanya saja yang manis, kalorinya yang kecil dan kandungan mineralnya yang melebihi madu jelas membawa manfaat sehat bagi tubuh.

9. Apel

Saus apel (tanpa gula) merupakan bahan klasik yang dipakai para pediet untuk membabat lemak. Apel yang diparut juga bekerja dengan cara sama. Anda bisa menambahkannya ke dalam sajian favorit hari ini.

10. Stevia

Jika tidak ada satupun bahan di atas yang Anda sukai, maka saatnya gula pengganti yang beraksi. Salah satunya yang kami sarankan adalah stevia yang diambil dari tumbuh-tumbuhan. Rasanya sangat manis dan sebaiknya digunakan secukupnya saja.

share

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s