10 Makanan Ini Sahabat Tulang

Tulang merupakan penopang tubuh yang perlu kita jaga hingga ajal menjemput. Jika umumnya tulang sudah rapuh dan keropos saat usia beranjak lanjut, Anda bisa mencegahnya dengan mengonsumsi deretan makanan sahabat tulang berikut ini.

1. Yogurt

Secangkir susu asam sudah bisa memenuhi 30% kebutuhan kalsium dan 20% vitamin D yang dibutuhkan tulang setiap harinya.

2. Susu

Susu memang adalah produk setia untuk kebaikan tulang. Rutinlah mengonsumsinya demi menjaga kesehatan tulang. Pilih yang low fat lebih disarankan.

3. Keju

Bagi pecinta keju, ini tentu merupakan berita gembira. Namun, mengonsumsi keju terlalu banyak tidak akan memenuhi kebutuhan vitamin D dalam sehari, karena kandungan vitamin D-nya yang kecil. Sedangkan soal kalsiumnya, 1,5 ons keju sudah mengandung lebih dari 30% kebutuhan.

4. Sarden

Si gurih yang bisa dinikmati sebagai pelengkap pasta atau salad ini ternyata kaya kalsium dan vitamin D lho, jadi jangan segan untuk mengonsumsinya.

5. Telur

Vitamin D yang terkandung di dalamnya memang hanya 6%, tapi telur jelas kaya protein yang diperlukan tubuh.

6. Salmon

Salmon yang selama ini digunakan sebagai bahan vitamin atau suplemen untuk kesehatan jantung, ternyata mengandung lebih dari 100% kebutuhan vitamin D.

7. Bayam

Bayam mengandung hampir 25% kebutuhan kalsium, ditambah serat, zat besi dan vitamin A sebagai bonus saat Anda mengonsumsinya.

8. Tuna

Ikan berlemak ini merupakan sumber unggulan vitamin D. Tiga ons tuna mengandung sekitar 39% kebutuhan vitamin D. Jika ingin tulang sehat tanpa lemak berlebih, carilah tuna.

9. Collard Hijau

Mengkonsumsi kurang lebih 200-250 gram sayuran ini dapat memenuhi 25% kebutuhan kalsium dalam sehari. Selebihnya sayuran ini memiliki peran yang sama seperti bayam.

10. Jus jeruk

Meski tidak mengandung kalsium atau vitamin D, namun minuman ini diperkaya asam askorbat yang membantu penyerapan kalsium.

share

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s