3 Solusi Tepat Berdasarkan Struktur Rambut

Setelah mengetahui struktur dan ketebalan rambut, maka saatnya melaju ke tahap penataan dan perawatannya. Berikut info terbaru yang bisa kami bagikan.

A. Rambut Tipis

1. Perawatan: gunakan shampo tanpa krim, formula beningnya takkan membuat rambut tampak makin tipis. Setelah ber-shampo, pakai kondisioner ringan. Pilih yang mengandung ginseng untuk meningkatkan sirkulasi kulit kepala, sehingga rambut mendapat gizi yang dibutuhkannya untuk tumbuh.

2. Penataan: aplikasikan mousse heat-activated, lalu blow-dry dengan menggunakan sikat bulat untuk membangun volume jika rambut lurus, atau gunakan diffuser untuk mencegah kusut jika rambut keriting. “Produk heat-activated itu seperti kanji yang digunakan sebelum menyetrika kemeja. Mereka memberi struktur pada kemeja, (dalam hal ini rambut),” ujar penata rambut Dove Mark Townsend. Dan jika ingin mewarnai rambut, pertimbangkan bahan celup (dye) yang menempel di helaian rambut sehingga menciptakan kesan lebih tebal.

3. Potongan terbaik: rambut tipis cenderung tampak datar dan lemas jika panjang, jadi sebaiknya jaga panjang rambut hanya sepanjang bahu atau kurang dari itu.

B. Rambut Normal

1. Perawatan: semua jenis rambut bisa bertambah kering seiring usia bertambah, jadi Anda harus mencuci lebih jarang daripada yang dilakukan saat berumur 20an. Shampo dengan hidrator alami seperti minyak argan bisa menambah kilau tanpa menciptakan residu. Ikuti dengan kondisioner lembut. “Hentikan pembilasan saat ujung rambut masih terasa licin, sedikit kondisioner yang tertinggal bisa melembabkan dan mencegah timbulnya kusut,” papar penata rambut Suave Professional, Jenny Cho.

2. Penataan: kusut merupakan keluhan utama pemilik jenis rambut ini. Saat lembab, helaian rambut jadi bersatu dengan lainnya sehingga menyebabkan kusut. Untuk itu, bila rambut cukup terhidrasi, maka ia akan menarik air lebih sedikit dari udara, resiko kusutpun jadi minim. Jadi jaga kelembaban lambut dengan menyisihkan gel dan spray yang bisa membuat rambut dehidrasi karena bahan alkoholnya. Pilih bentuk serum atau krim saat memilih produk penata rambut.

3. Potongan terbaik: biarkan penata rambut melihat rambut dalam keadaan kering alami sehingga ia bisa bekerja sesuai dengan lekukan rambut yang alami. Potongan yang sesuai dengan kondisi natural rambut biasanya yang paling pas.

C. Rambut Tebal

1. Perawatan: rambut tebal butuh ekstra pelembab agar bisa tampil lembut dan berkilau. Shampo terbaik untuk Anda adalah yang kaya bahan penghidrasi, tekstur shamponya biasanya mirip kondisioner (tidak bening). Untuk penggunaan kondisioner, semakin tebal rambut, makin padat pula tekstur kondisioner seharusnya. Tak peduli jenis kondisioner apa yang Anda pakai, diamkan sedikitnya 3 menit sebelum dibilas sehingga semua bahannya meresap dalam rambut.

2. Penataan: rambut tebal Anda mungkin bisa tetap gaya tanpa bantuan mousse, gel, atau hair spray. Malahan yang dibutuhkan biasanya adalah produk yang bisa melembutkan dan menjinakkan rambut seperti smoothing cream, minyak, dan balm.

3. Potongan terbaik: teknik layering yang tepat bisa membuat rambut tampak lebih tipis. Layering segitiga atau piramida bisa menyeimbangkan rambut tebal.

share

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s