4 Mitos Kulit Wajah Terungkap

Entah saat ini Anda sedang berusaha memerangi jerawat, noda bekas matahari, ruam, bekas luka, kulit kering, atau berminyak, seringkali produk yang menjanjikan solusi gagal membawa dampak yang dijanjikannya. Untuk membantu Anda memilih produk dengan tepat, Ahmed Abdullah, MD, selaku ahli bedah plastik sekaligus pengarang Simple Skincare, Beautiful Skin: A Back-to-Basics Approach, meluruskan beberapa mitos seputar kulit sehat. Berikut penuturannya:

1. Mitos: Anda harus memakai beberapa produk untuk wajah.

“Kulit memang perlu pelembab berkualitas, tipe yang sesuai dengan jenis kulit, namun sebenarnya Anda tak perlu membeli produk terpisah untuk bagian lain (mata misalnya) dari kulit wajah. Kulit tetaplah kulit, jadi apa yang manjur dan cocok untuk area wajah, maka biasanya juga oke untuk wajah keseluruhan.”

2. Mitos: Produk berbasis air menghidrasi kulit lebih maksimal.

“Produk berbahan dasar air sebenarnya tidak menghidrasi karena kulit tak bisa menyerap air. Keberadaan air hanya mencairkan bahan aktif yang terkandung dalam produk.”

3. Mitos: Makeup buruk untuk kesehatan kulit.

“Sebenarnya makeup tak punya kapasitas untuk menjadi penyebab langsung dari timbulnya jerawat, namun beberapa produk mungkin bisa mengeringkan kulit sehingga meningkatkan peluang tersebut. Untuk itu, disarankan Anda menggunakan produk kosmetik jenis non-comedogenic atau non-acnegenic.”

4. Mitos: Membersihkan wajah setiap malam lebih berperan atasi jerawat ketimbang penuaan dini.

“Produk perawatan wajah terbatas bila menyangkut garis halus dan kerutan, karena kandungannya jarang bisa menjangkau bagian kulit yang terlalu jauh. Oleh karena itu, saran saya adalah exfoliating setiap hari untuk mengangkat sel kulit mati.”

share

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s