5 Tips Cemerlang Rayu Klien Ikut Jualan

Saat menyinggung tentang teknik berjualan, cara promosi yang paling manjur adalah rekomendasi seseorang kepada temannya, atau metode dari mulut ke mulut. Setiap pebisnis tentu berharap pelanggannya mempromosikan produknya pada kenalan mereka. Soal tips mencapai sasaran itu, Rob Fuggetta selaku penulis Brand Advocates: Turning Enthusiastic Customers Into a Powerful Marketing Force siap berbagi rahasianya dengan Anda. Kita simak bersama yuk.

1. Cermati pelanggan terbaik

Pertama, cari tahu pelanggan mana yang kira-kira berpotensi menjadi sales sukarelawan. Gunakan website, blog, newsletter, atau media lain yang dipakai pelanggan untuk menanyakan hal ini:

“Dalam skala 0 sampai 10, berapa besar kesediaan Anda untuk merekomendasikan produk atau usaha kami?”

Klien yang memilih 9 atau 10 merupakan kandidat potensial. Simpan CP mereka dan saatnya masuk tips berikutnya.

2. Undang konsumen untuk memberikan review

Sekali Anda mendapatkan daftar nama konsumen potensial, undang mereka untuk menulis review tentang usaha atau produk Anda di situs yang memuat review konsumen, dan sediakan link yang bisa dibagikan konsumen kepada koleganya nantinya. Menurut Fuggetta, sekitar 20% yang menjawab 9 atau 10, pasti bersedia menulis review.
Lalu, seberapa penting review produk dari konsumen? Pertama, komentar positif membuat produk tampak lebih menarik di mata calon pembeli baru karena para konsumen cenderung terpengaruh dengan pendapat pembeli daripada agen marketing dari tim penjualan. Kedua, saat konsumen yang ada sekarang bersedia memberikan komentar di depan publik, maka mereka cenderung bersedia melakukan tips ke-3 di bawah ini.

3. Dorong mereka untuk menulis testimonial

Review membicarakan tentang produk dan bagaimana cara kerjanya. Testimonial itu lebih merupakan cerita pribadi soal bagaimana produk tersebut “mengubah dunia” konsumen. Testimonial jelas lebih berguna daripada review sebagai alat jual karena kisah seseorang biasanya melekat kuat dalam ingatan orang. Saat berhasil mendapatkannya, Anda bisa memasangnya di website. Namun, testimonial jauh lebih potensial saat dipasang di situs pribadi pelanggan seperti Facebook misalnya, terutama jika mereka bersedia menyertakan link situs usaha Anda.

4. Undang pelanggan terbaik untuk menjawab pertanyaan para calon pembeli

Para calon pembeli umumnya ingin tahu lebih banyak sebelum memutuskan untuk membeli sebuah produk. Meski tim sales Anda pasti bisa menjawab setiap pertanyaan, namun jawaban mereka pasti lebih diperhitungkan bila ada pelanggan yang meneguhkannya.

Untuk mewujudkannya ada 2 cara:

Metode paling murah adalah menyediakan forum dimana pelanggan bisa ikut menjawab setiap pertanyaan yang masuk. Cukup dengan mendaftar dan bertanya, untuk ini Anda juga perlu tetap mengamati jalannya forum agar pelanggan yang kecewa tidak malah memberi komentar negatif yang menjatuhkan.

Pendekatan lain yang lebih elegan adalah memasang banner di website yang berbunyi “Ada pertanyaan? Tanyakan ke pelanggan kami!”. Dan saat banner di-klik, maka website Anda mengirimkan permintaan ke jaringan pelanggan (yang tentu saja memberikan Anda izin untuk melakukannya) sehingga siapapun yang tersedia bisa menjawab pertanyaan. Fuggetta mengklaim, keberhasilannya 1:4, artinya 1 dari 4 konsumen yang bertanya pada pelanggan Anda pasti membeli produk Anda.

5. Beri pelanggan pilihan metode promo untuk dibagikan

Begitu jaringan bisnis berkembang, Anda bisa meminta teman atau kolega untuk membagikannya pada kenalan mereka, entah melalui situs sosial apa yang biasa mereka pakai. Promo yang ada bisa memuat penawaran diskon atau voucher, triknya adalah membuat pelanggan/ teman/ kolega merasa bangga saat menawarkan produk Anda.

share

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s