6 Cara Alami Raih Respek

Bisnis memang soal uang, namun mata uang dalam tiap organisasi adalah respek. Ingin dihargai bukan hanya saat di depan, namun juga ketika di belakang? Berikut 6 caranya.

1. Otentik

Tak ada seorangpun yang bakal menghargai seorang yang palsu, atau berpura-pura menjadi orang lain yang bukan dirinya. Sifat dasar manusia bisa mendeteksi pribadi macam ini, dan melihat mereka sebagai seseorang yang tak dapat dipercaya, kurang memiliki rasa aman, dan tidak berharga. Dengan lain kata, orang hanya tertarik dengan mereka yang otentik/ apa adanya. Jadilah diri sendiri, ini adalah pondasi penting meraih penghargaan.

2. Ingin tahu

Jika Anda benar-benar peduli tentang orang lain, maka Anda pasti menyimak apa yang mereka katakan. Saat orang lain menyadari mereka benar-benar didengar, mereka pasti bersedia berbagi lebih lagi. Pengetahuan ini tak hanya memperkaya perspektif, namun juga bisa membantu Anda mencari cara terbaik untuk membantu mereka.

3. Hati-hati

Kantor merupakan ladang empuk untuk tumbuhnya gosip, bukan hanya soal pekerjaan, namun juga kehidupan pribadi seseorang. Tak ada seorangpun yang bersedia menghargai seorang yang bocor mulut. Saat orang lain sadar Anda bisa menyimpan rahasia, maka Anda akan menjadi orang yang selalu dicari saat mereka butuh masukan.

4. Unik

Sesuatu yang sulit didapat biasanya lebih dihargai. Pilih segmen dari usaha Anda yang relevan dan esensial. Jadikan itu kegemaran yang memperkaya Anda sehingga menjadi pakarnya. Bila Anda cukup menguasai bidang itu, maka setiap orang yang ingin tahu lebih banyak akan mencari Anda.

5. Cepat tangan

Orang cenderung menghargai mereka yang mau membantu, cepat tangan, atau rajin. Bersedia membantu orang lain mencapai gol mereka membuat kerja seperti pelayanan. Dan ini membuat orang lain senang pada Anda.

6. Batasannya?

Tak ada yang senang dengan orang yang suka mendesak atau memaksa. Jadi belajarlah membuat batasan/ deadline/ target yang masuk akal. Semakin tegas prinsip dan batasan yang Anda tetapkan, maka orang akan semakin menghargai Anda. Bukankah kita semua kurang suka dengan orang plin-plan, yang tak punya pendirian?

share

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s