Pria vs Kulit Berminyak

Kebanyakan pria kurang peduli dengan keadaan kulit wajahnya. Mereka beranggapan bahwa perawatan kulit hanyalah untuk wanita, dan kita tentu tahu bahwa hal itu tidaklah benar. Salah satu masalah yang paling umum adalah kulit berminyak.

Lalu, apakah kulit Anda berminyak?

Untuk mengetahuinya, Anda bisa melihat beberapa tandanya. Apakah sepanjang hari kulit terasa berminyak dan terlihat mengilap, khususnya pada bagian T-Zone (dahi, hidung dan dagu)? Keadaan kulit demikian jelas tak bisa diabaikan/ tanpa perawatan karena bisa menyebabkan komedo dan jerawat.

Penyebabnya?

Sebelumnya harus Anda ketahui bahwa kelenjar minyak pria lebih besar dan menghasilkan sebum lebih banyak dari perempuan. Ini karena kelenjar minyak pria bekerja lebih aktif. Keaktifan dari kelenjar tersebut kerena over protection dari hormon yang disebut dihidrotestosteron (DHT), dan hal ini membuat kulit rentan terhadap bintik-bintik dan kondisi minyak berlebih.

Bagaimana penanganannya?

1. Membersihkan wajah

Membersihkan wajah 2 kali sehari dapat menghilangkan lemak dan mengurangi sebum berlebih. Bersihkan wajah pada pagi dan malam hari dengan air hangat.

2. Toning

Toning seringkali diabaikan, tidak hanya oleh pria namun juga wanita. Padahal toner berfungsi menutup pori-pori untuk mencegah terbentuknya lemak berkelanjutan.

3. Pelembab

Pilihlah produk pelembab wajah yang dikhususkan untuk kulit berminyak, Biarkan produk pelembab tersebut membantu menyeimbangkan dan mengatur kelembaban alami pada kulit.

4. Perawatan

Langkah terakhir adalah rajin merawat kulit wajah agar tetap terjaga kelembabannya.

share

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s