Tips Mudah Bersihkan Perhiasan Perak di Rumah

Saat ini perhiasan perak tak kalah maraknya dengan emas, bahkan lebih banyak orang menyukai bahan ini karena lebih murah dan tak terlalu menyolok seperti emas kuning. Umumnya penjual menyediakan fasilitas cuci perak, namun dengan tips yang mau lewat berikut Anda bisa melakukannya sendiri di rumah.

1. Sediakan 1 lembar aluminium foil dan wadah/ baskom kecil. Pastikan lembar aluminium cukup untuk menutupi seluruh dasar wadah.

2. Letakkan perhiasan perak yang ingin dibersihkan di atas aluminium. Taburkan baking soda ke atas perhiasan, lalu tuang air panas.

3. Rendam hingga busa berhenti atau hilang, lalu bilas dan seka perak dengan kain lembut.

Dalam reaksi kimia, perak sulfida (kotorannya) akan memecah dan pindah ke aluminium foil, sehingga bisa langsung dibuang. Hasilnya: perhiasan perak Anda pun bersinar.

Namun untuk membersihkan struktur perhiasan yang lebih rumit, ada baiknya Anda menggunakan saran berikut. Gunakan pasta khusus pembersih perak, dan gosokkan dengan menggunakan kain atau sikat gigi lembut yang telah dibasahi. Gunakan gerakan naik turun (bukan melingkar) saat membersihkan. Setelah itu bilas, lalu keringkan dengan kain lembut.

Selamat mencoba!

share

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s