10 Rahasia Tetap Cantik Saat Cuaca Dingin

Cuaca dingin bisa membuat kulit tampak pucat dan rambut susah diatur (statis). Ini dikarenakan suhu dingin mengunci kelembaban lebih sedikit dibanding cuaca panas. Untuk menghindarinya, yuk kita simak beberapa tips kecantikan yang mau lewat berikut ini.

1. Beli humidifier

Satu unit alat ini bisa menambahkan ekstra kelembaban ke udara sehingga mencegah kulit dan mata kering saat cuaca dingin. Ganti airnya setiap hari dan bersihkan setiap unitnya tiap minggu agar bakteri tidak tumbuh dalam genangan airnya.

2. Cerahkan dengan warna perunggu (merah tua)

Saat cuaca dingin, umumnya kulit tampak lebih pucat dari biasanya, jadi cerahkan penampilan dengan memilih warna perunggu (pilih formula yang warnanya 1 atau 2 tingkat lebih cerah daripada yang biasa Anda pakai saat cuaca cerah).

3. Ganti blush juga

Warna orange kekuningan memang cocok untuk musim panas, namun tidak untuk cuaca dingin. Pilih pink atau mawar untuk membuat wajah lebih merona.

4. Atasi rambut statis

Saat suhu dingin, produksi minyak di kulit kepala berkurang sehingga rambut jadi kaku dan tidak mudah diatur. Cara mengatasinya, cuci rambut 2-3 hari sekali, karena keramas setiap hari bisa membabat habis minyak alami rambut.

Selain itu selama seminggu sekali, Anda bisa melapisi rambut kering dengan “pre-wash conditioner” yang mengandung jojoba, lavender, shea butter, dan minyak rosemary, diamkan selama 1 jam agar kelembaban terkunci. Kenakan shower cap agar kondisioner tidak menetes kemana-mana, atau bungkus dengan handuk hangat juga bisa membantu penyerapan kondisioner ke kutikula.

Lakukan 2 kali seminggu bila rambut kasar atau diwarnai. Setelah itu, cuci dengan shampo yang melembabkan dan ikuti dengan kondisioner leave-in yang mengandung ceramides.

Saat menata rambut, gunakan boar-bristle brush karena bisa meminimalisir resiko rambut statis, dibanding bahan metal, plastik, atau nilon. Hindari pemakaian produk penata rambut yang mengandung alkohol, biasanya berupa gel atau mousse. Pilihan penataan rambut saat cuaca dingin adalah dengan krim yang mengandung emolien seperti panthenol, silikon, atau minyak esensial untuk menambah kemilau dan tekstur tanpa mengeringkan rambut.

5. Untuk mencegah tangan kering

Pilih pembersih tangan yang diperkaya aloe vera yang mengimbangi alkohol pembunuh kuman. Saran lain adalah mengoleskan losion yang mengandung SPF dan mencuci tangan dengan air dingin.

6. Susu pembersih

Pembersih yang mengandung susu dengan alpha hydroxy acids bisa membantu mengangkat sel kulit mati sekaligus merangsang regenerasi kulit. Berbeda dengan versi sebelumnya, formula alpha hydroxy yang sekarang cukup lembut dan tidak menyebabkan kulit sensitif.

7. Pelembab kaya moisturizer

Setelah mandi, tepuk kulit hingga kering dan aplikasikan krim berbasis minyak untuk kelembaban lebih baik. Carilah krim yang mengandung beeswax, skualen, petrolatum, dan shea butter. Untuk mempermudah proses penyerapan, hangatkan wadah krim di wastafel dalam air panas sementara Anda mandi.

8. Mandi lebih cepat

AIr panas mungkin bisa menghangatkan tubuh saat suhu dingin, namun juga bisa membuat kulit gatal dan dehidrasi. Ada baiknya Anda mandi tidak lebih dari 10 menit, atau gunakan air yang hangat, suam-suam.

9. Oleskan lagi sebelum tidur

Idealnya menghidrasi kulit cukup 2 kali sehari, setelah mandi pagi dan sebelum tidur. Terjadi peningkatan suhu tubuh saat Anda tidur sehingga produk pelembab bisa meresap dalam kulit lebih baik.

10. Kenakan sarung tangan dan kaos kaki

Anda bisa menngunci kelembaban dengan memakai sarung tangan katun dan kaos kaki beberapa jam atau hingga saat tidur untuk membantu penyerapan produk.

share

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s