5 Trik Bijak Hadapi Rekan Iri di Kantor

Ada banyak orang dengan berbagai latar belakang bekerja di kantor/ perusahaan yang sama dengan Anda. Entah masih baru atau sudah lama bekerja, umumnya selalu ada rekan yang iri dengan Anda. Berikut beberapa tips menghadapinya dengan bijak.

1. Ingatlah bahwa selalu ada alasan di balik sikap iri

Bisa jadi karena Anda berprestasi lebih baik, berpengalaman, atau lebih produktif. Kemungkinannya bisa beragam, dan Anda mungkin tak tahu pasti apa penyebabnya.

2. Cobalah mencari tahu penyebabnya dengan cara baik-baik

Daripada mendongkol atau membongkar kedok iri hatinya dengan sikap kasar, ada baiknya Anda mendekatinya dengan pendekatan seorang teman. Meski tak selalu efektif, namun cara ini bisa berhasil, karena membuka peluang untuk Anda mengenal dia lebih dalam lagi. Bila Anda sudah mencoba pendekatan baik-baik, namun tetap gagal, jangan ambil hati. Memang tidak nyaman rasanya bila ada ganjalan dengan rekan kerja, namun ingatkan diri bahwa Anda tidak bertanggung jawab dan juga tak bisa mengendalikan perasaan/ sikap orang lain. Observasi orang tersebut, jika ia bersikap sama buruknya dengan rekan lain, maka yang bermasalah memang adalah pribadi orang tersebut.

3. Bantulah mereka yang tampak iri

Semakin baik sikap Anda, bisa jadi makin terbuka mereka. Sebab seringkali yang dianggap sebagai sikap iri, bisa jadi sebenarnya sesuatu yang lain, seperti minder berhadapan dengan Anda misalnya.

4. Dukung kerja tim

Tim kerja boleh dibilang merupakan aspek penting dalam bisnis hari-hari ini. Jika Anda bersedia bekerja dengan orang lain (terbuka), maka kemungkinannya lebih besar untuk rekan lain bekerja dan terbuka dengan Anda.

5. Tak peduli apapun, tetaplah baik

Meski seseorang memperlakukan Anda dengan buruk, Anda tak harus meniru sikapnya dan berubah jadi buruk juga kan? Tetap kembangkan sikap baik dan ramah. Siapa tahu kebaikan Anda meluluhkan sikap buruknya?

share

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s