7 Cara Pertajam Indera Anda

Terlalu sering kita tidak menghargai sesuatu sampai itu hilang. Salah satu yang akan dibahas saat ini adalah indera yang kita miliki. Memperhatikan dan menjaganya baik-baik mungkin belum terpikirkan oleh Anda, untuk itu berikut kami bagikan 5 cara mempertajam indera Anda.

1. Mata kering

Saat usia menginjak 45 tahunan, seseorang akan mengalami penurunan estrogen dan androgen, sehingga produksi air mata berkurang, dan kelopak mata rawan iritasi. Hasilnya, penglihatan jadi sensitif, merosot, dan terasa panas/ pedas.

Cara mencegahnya: konsumsi makanan kaya omega-3s bisa menjauhkan mata kering. Setidaknya makanlah ikan atau walnut tiap hari, atau konsultasi dengan dokter tentang suplemen yang diperlukan. Jika konsumsi omega-3s saja dirasa kurang perlu, mintalah resep dokter untuk obat tetes perangsang produksi air mata.

2. Katarak

Kondisi lensa mata tertutup selaput ini umumnya muncul awal umur 40an.

Cara mencegahnya:

Studi dari Universitas Tufts mendapati rutin mengonsumsi vitamin C selama 10 tahun bisa memperkecil resiko katarak hingga 60%. Ini merupakan kebiasaan cerdas untuk mengelakkan radiasi akibat rokok atau sinar matahari yang mengandung radikal bebas (meningkatkan resiko katarak). Bila terlanjur terkena, tentunya operasi merupakan alternatif yang harus dipilih sebelum katarak bertambah parah.

3. Penciuman melemah

Setelah menginjak usia 65 tahun, sekitar 50% dari populasi didapati melemah indera penciumannya. Mengapa? Karena semakin tua seseorang, makin banyak pula sel reseptor pendeteksi bau yang hilang.

Cara mencegah: minimalkan kontak dengan rokok, dan produk kimia rumahan seperti insektisida karena bisa merusak membran hidung. “Ada bukti juga bahwa semakin Anda mencium bau-bauan, semakin kuat indera penciuman,” ujar Richard L. Doty, PhD, pimpinan Smell and Taste Center (Universitas Pennsylvania). “Aneka aroma bisa meningkatkan stimulasi saraf, membuatnya lebih kuat. Saat usia menjelang 50an, seringlah menghirup aroma kuat seperti peppermint dan kayu manis saat pagi hari. Untuk keadaan lebih parah, lakukan latihan menghirup bau 2 kali sehari, dan kunjungi dokter sebelum radang penciuman lebih parah.

4. Indera perasa tumpul

Sensor rasa di lidah biasanya jadi kurang efektif saat seseorang menginjak usia 65 tahunan, terutama untuk rasa asam dan pahit.

Cara mencegahnya: rajin merawat kesehatan dan menjaga kebersihan mulut dan gigi bisa lidah dalam kondisi oke. Namun faktor usia mungkin tetap bisa menumpulkannya, Anda bisa memperkaya rasa masakan dengan menambah rempah-rempah sehat (jauhi gula dan garam terlalu banyak).

5. Mulut kering

Umumnya pengonsumsian obat, seperti untuk jantung, yang mengandung beta-blockers misalnya, bisa membuat mulut kering, sehingga gigi rusak dan indera perasa tumpul.

Cara mencegahnya: Kurangi minuman penyebab dehidrasi seperti yang berkafein dan beralkohol. Aktifkan humidifier terutama saat tidur. Dan sedapat mungkin miliki pola hidup sehat sejak sekarang. Mengunyah permen karet atau menambahkan perasan lemon ke dalam air juga bisa membantu. Solusi akhir adalah berkonsultasi dengan dokter untuk penanganan lebih lanjut.

6. Pendengaran berkurang

Umumnya mulai terjadi menjelang usia kepala 4. Suka mendengarkan musik keras-keras, perubahan suplai darah dalalm tubuh karena sakit jantung, atau efek diabetes, semua ini bisa merusak sel pendeteksi suara. Hasilnya suara titinada tinggi susah ditangkap.

Cara mencegahnya: hindari rokok karena bisa merusak pembuluh darah di telinga. Anda juga bisa mengenakan earplug atau penutup telinga saat menyiangi rumput, menghadiri konser, atau di tengah keramaian (lebih dari 85 desibel). Suara normal 65. Dan tentunya, jika mendengar musik, jaga volume jangan terlalu keras.

7. Hilang rasa

Sensitivitas kulit berkurang elastisitasnya saat usia menginjak kepala 5.

Cara mencegah: sekali lagi adalah pola hidup sehat, meliputi olahraga teratur, diet rendah lemak, dan menjauhi rokok. Semua ini bisa menjaga serat saraf dalam kulit tetap kaya oksigen dan responsif. Anda juga bisa mengonsumsi makanan kaya niasin dan B12 seperti produk susu, unggas, dan ikan. Sayangnya begitu sebuah sel saraf mati, maka itu tidak bisa regenerasi. Meski demikian, konsumsi aspirin bisa memperbesar pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi. Konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi obat tertentu yang mungkin bisa menghilangkan pendengaran Anda.

share

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s