9 Makanan Super Pendongkrak Imun

Cuaca ekstrim disertai kegiatan padat yang mungkin Anda jalani belakangan ini memang bisa mencuri kesehatan. Jelas butuh lebih dari sebutir apel sehari untuk menjauhkan dokter. Untuk memperkuat imun tubuh, ada baiknya Anda memasukkan deretan makanan berikut dalam menu harian.

1. Yogurt

Probiotik yang ditemukan dalam susu asam ini memuat bakteri sehat yang menjaga usus dan saluran cerna dari penyakit akibat kuman. Sebuah studi dari Vienna (Austria) mendapati konsumsi yogurt setiap hari bisa mendongkrak imunitas sama seperti jika seseorang minum suplemen.

2. Oat dan Barley

Butiran gandum ini mengandung beta-glucan, sejenis serat dengan antimikroba dan antioksidan yang lebih kuat dari echinacea (sejenis tumbuhan yang biasanya dipakai untuk mendongkrak sistem imun), papar hasil studi asal Norwegia. Ketika binatang makan komponen ini, mereka jadi jarang terkena influenza, herpes, bahkan antraks. Sedangkan untuk manusia, komponen ini bisa mendongkrak imun tubuh, mempercepat penyembuhan luka, dan membantu daya kerja antibiotik. Untuk itu, konsumsilah gandum sekali sehari, saat sarapan misalnya.

3. Bawang putih

Bagian yang paling berjasa dari bawang putih adalah alisin, yang bisa menangkis infeksi dan bakteri. Mereka yang rutin mengonsumsi bawang putih didapati jarang terkena flu dan demam. Beberapa studi lain bahkan mengklaim pecinta bawang beresiko lebih kecil terkena kanker lambung dan usus besar.

4. Ikan

Selenium biasanya melimpah dalam hewan laut seperti kerang, lobster, kepiting, dan remis. Senyawa ini merangsang sel darah putih memproduksi protein sitokin, yang membantu mengusir virus flu keluar dari tubuh. Salmon, makarel, dan ikan haring juga kaya akan omega-3 yang bisa mengurangi peradangan, meningkatkan sirkulasi udara dan melindungi paru-paru dari pilek/ infeksi pernafasan.

5. Sup ayam

Asam amino sistein yang keluar dari ayam saat dimasak, secara kimiawi sebenarnya menyerupai acetylcysteine yang biasa terdapat dalam obat bronkitis. Selain itu rasa asin kaldu menjaga ingus tetap sedikit (reaksi yang sama seperti saat seseorang usai minum obat batuk). Tambahkan rempah seperti bawang putih dan bombay agar sistem imun makin diperkuat.

6. Teh

Mereka yang mengonsumsi 5 cangkir teh hitam setiap hari selama 2 minggu memiliki kekuatan 10 kali lebih besar untuk melawan virus ketimbang yang tidak. Asam amino L-theanine merupakan pahlawannya, bisa ditemukan dalam teh hitam/ hijau.

7. Daging sapi

Mereka yang mengurangi konsumsi daging sapi biasanya mengalami defisiensi zinc. Sayangnya sedikit saja kadar zinc berkurang dalam tubuh, resiko tubuh akan infeksi langsung naik. Jadi ada baiknya Anda tetap mengonsumsi daging sapi bebas lemak meski tidak setiap hari. Alternatif lain selain suplemen adalah kerang, sereal, babi, unggas, yogurt, dan susu.

8. Ubi manis

Percaya atau tidak, kulit juga merupakan bagian dari sistem pertahanan tubuh. Namun sayangnya organ penting ini jarang diperhatikan kesehatannya. Vitamin A memegang peranan penting dalam produksi jaringan penghubung dalam kulit. Jadi cara terbaik untuk mendapatkan asupannya adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya beta-karoten seperti ubi manis yang diubah tubuh menjadi vitamin A, wortel, labu, dll.

9. Jamur

Selama berabad-abad, masyarakat dunia telah memanfaatkan jamur sebagai salah satu makanan untuk kesehatan. Beberapa studi mendapati bahwa jamur meningkatkan produksi dan aktivitas sel darah putih, membuatnya menjadi agresif (kondisi yang baik jika tubuh terinfeksi). Shitake, maitake, serta reishi, mana yang Anda suka?

share

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s