Performa Karyawan Menurun? 7 Trik Atasinya..

Setiap atasan pasti mendambakan bisa memiliki karyawan dengan attitude dan skill jempolan. Namun sayangnya, jarang yang bisa demikian. Dalam survei terkini yang melibatkan 1,400 perusahaan keuangan, responden melaporkan manajer di kantor mereka menghabiskan waktu rata-rata 17% (hampir sehari setiap minggu) hanya untuk menangani pekerja “bermasalah”.

Untungnya, menurut Paul McDonald selaku pimpinan eksekutif Robert Half International, Anda tak perlu menjadi bagian dari statistik mengerikan di atas. Dengan strategi efektif yang beliau bagikan berikut Anda bisa mengatasi masalah tersebut secepatnya.

1. Rencanakan pertemuan 4 mata

Hindari membahas performa karyawan via telepon, dan jangan pula mengkritiknya di depan umum, atau dengan orang lain. “Anda takkan bisa menyelesaikan masalah hingga Anda bertemu dengannya 4 mata,” ujar Paul.

2. Siapkan diri

Hindari menegur tanpa bukti, sediakan fakta. Jika Anda tergolong baru, adakan pertemuan dengan atasan atau manager lain yang lebih lama dan bisa dipercaya/ kompeten.

3. Ungkapkan tiap fakta secara jelas

Hindari bertele-tele atau berbasa-basi (bisa menunjukkan bahwa Anda tidak serius atau takut pada lawan bicara). “Katakan secara langsung, jujur, tegas, namun tetaplah lembut, positif, dan hindari nada mengkritik.”

4. Diam dan dengarkan

Setelah Anda menjabarkan semua masalah, saatnya mendengarkan tanggapan pekerja dan cari tahu bersama apa yang menjadi penyebab masalah ini. Apakah ada situasi di luar pekerjaan yang mempengaruhi performanya? Apakah karyawan memikul terlalu banyak tanggung jawab sehingga perlu penataan tugas ulang? Komunikasikan harapan Anda dan tawarkan apa yang dibutuhkan karyawan agar bisa mencapai itu semua.

5. Tulis

Tulis tentang hasil diskusi, apa saja yang sudah dibahas berikut seluruh ekspetasinya agar Anda punya catatan perkembangannya.

6. Saatnya menilai

Setelah mendapat seluruh informasi dan perkembangan yang ada, saatnya Anda menilai dan membuat keputusan, untuk membarui tugasnya atau memindahkannya.

7. Kenali peningkatan

Namun jika setelah diskusi tersebut, performa karyawan meningkat, akui itu di hadapannya agar ia lebih termotivasi.

share

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s