10 Alasan Rambut Berminyak

https://i1.wp.com/www.hajarabis.com/berita/uploads/news/10-alasan-rambut-berminyak-3376-cooloffc.jpgJika Anda rutin keramas namun rambut masih saja berminyak, mungkin ada alasan lain yang menyebabkannya. Baca terus ulasan di bawah ini untuk mengetahui tersangkanya.

1. Kondisioner di kulit kepala

Apakah saat mengaplikasikan kondisioner Anda membubuhkannya juga di kulit kepala? Kulit kepala umumnya memproduksi cukup sebum untuk menghidrasi, jadi jauhkan bagian ini dari kondisioner.

2. Hormon

Saat haid, mengandung, atau menggunakan alat kontrol kehamilan, kondisi rambut bisa terpengaruh. Sama seperti kulit memproduksi lebih banyak minyak saat hormon menggila, demikian juga dengan kulit kepala.

3. Terlalu sering disentuh

Menyentuh atau memelintir rambut membuatnya ternoda oleh apapun yang melekat di tangan. Prosesnya sama seperti menyisir yang mendistribusikan minyak dari kulit kepala ke bagian bawah rambut.

4. Tidak pakai shampo clarifying

Berbagai produk penata rambut yang dipakai bisa tertimbun dan memicu munculnya minyak. Hal ini membuat keramas biasa saja tidak cukup, Anda jelas butuh clarifying shampoo, atau buat sendiri dengan memakai air dicampur cuka.

5. Kurangi menyikat rambut

Agar minyak dari kulit kepala tidak banyak yang tersalurkan di rambut, kurangi kegiatan menyikat rambut.

6. Produk yang dipakai salah

Jika rambut tak terlalu kering, Anda mungkin tidak membutuhkan shampo dengan moisturizer. Jadi cek jenis rambut dan shampo yang Anda pakai.

7. Terlalu banyak shampo

Mengurangi jumlah shampo yang dipakai saat keramas juga bisa membantu mengurangi resiko rambut lepek.

8. Terlalu banyak alkohol

Hair spray beralkohol bisa membabat kelembaban rambut sehingga kulit kepala merasa perlu untuk memproduksi lebih banyak sebum. Jika ingin menata rambut, pilih produk bebas alkohol.

9. Terlalu banyak panas

Suhu panas juga membuat rambut bereaksi sehingga kulit kepala memproduksi minyak berlebih untuk mengatasi keadaan kering yang disebabkannya.

10. Salah blow dry

Saat mengeringkan rambut dengan blow dry dan rambut berkibar mengenai wajah, helaian rambut bisa menyerap minyak di dahi.

Akhir kata, pemakaian shampo kering juga bisa membantu mencegah minyak berlebih.

share

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s