5 Alasan Pertemuan Pribadi Tetap Penting

https://i0.wp.com/www.hajarabis.com/berita/uploads/news/5-alasan-pertemuan-pribadi-tetap-penting-3378-youngman.jpgMungkin selama ini media diskusi Anda dengan klien hanya melalui Skype, email, atau BBM saja. Ya, kemajuan teknologi memang banyak membantu kita dalam mengembangkan usaha. Klien tak lagi seluas jangkauan area kota, namun bisa menyebar hingga luar kota, bahkan luar negeri. Meski demikian, pertemuan pribadi tetap dibutuhkan. Mengapa? Berikut beberapa alasannya.

1. Butuh privasi

Di beberapa tempat/ kantor, hanya sedikit saja ruang yang tersisa untuk melakukan pembicaraan pribadi. Hal ini berarti saat Anda berbicara dengan klien melalui telepon, banyak orang atau pegawai lain bisa mendengarnya. Bila itu sesuatu yang rahasia tentu tidak nyaman dan kurang aman bukan?

2. Menjalin relasi

Kebanyakan diskusi bisnis berkutat pada hal pemecahan masalah secara cepat dan efisien, sementara relasi bisnis terjalin saat seseorang meluangkan waktu untuk berbagi pikiran dan belajar dari pebisnis lainnya. Lalu apa yang bisa merekatkan pribadi satu dengan lainnya? Perbincangan sederhana meliputi makanan kesukaan, tim olahraga favorit, atau hobi.

3. Membuka kesan baru

Saat bertemu langsung dengan klien, kita mungkin tidak menyangka bahwa ia adalah seorang yang lebih muda namun berpengalaman. Mungkin selama ini, suara yang kerap kita dengar di ujung telepon sana membuat kita berpikir bahwa ia adalah sosok tua, gendut, dan membosankan. Pertemuan langsung jelas memberikan banyak kesan baru yang bahkan tidak bisa diperoleh melalui Skype.

4. Bahasa tubuh lebih terbaca

Ekspresi wajah dan gerak tubuh sering mengkomunikasikan banyak hal ketimbang kata-kata. Jika selama ini kita pernah dibingungkan oleh karakter klien/ rekan yang unik, maka mengenal mereka dari dekat bisa membantu kita mengerti penyebab di balik itu semua.

5. Tahu rahasia di balik layar

Saat mengunjungi kantor lain, Anda bisa tahu seperti apa wujudnya. Jangan-jangan tempatnya tidak seperti yang Anda bayangkan selama ini. Bukannya besar dan suram, lobinya malah tampak bersih, karyawannya santai namun bahagia dan bersemangat dalam bekerja. Ada jus dan snack sehat di kantinnya. Dan bagaimana Anda bisa tahu itu semua bila tak pernah ada kunjungan pribadi?

share

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s