6 Tanda Saatnya Anda Lengser

Kita tak bisa menjadi pemimpin selamanya. Ada kalanya kita harus berhenti dan digantikan oleh yang lain. Berikut 6 pertanda saatnya Anda lengser.

https://i1.wp.com/www.hajarabis.com/berita/uploads/news/6-tanda-saatnya-anda-lengser-3384-leavingpa.jpg1. Anda tidak bisa/ takkan memecat teman

Ini merupakan gejala yang paling lazim dalam baik dalam usaha start-up, bisnis keluarga, atau sejenisnya. Jika Anda mendapati diri tidak lagi bisa obyektif, realistis, dan membuat keputusan untuk mempekerjakan, mempromosikan, menugaskan ulang, hingga mem-PHK mereka yang terdekat, maka bisa dikata Anda tidak layak memimpin lagi.

2. Anda tidak lagi connect dengan tanggung jawab yang ada

Setiap pemimpin inginnya memikul tanggung jawab tertentu saja dalam perusahaan. Pasalnya bila yang lain diabaikan, akan jadi apa bisnis yang ada. Apakah saat ini Anda mulai menghadapi kesulitan dalam diskusi dengan tim, rekan, atau pelanggan? Seorang pemimpin dituntut memonitor semua bidang, bukan hanya hal tertentu saja. Anak buah mungkin membutuhkan Anda untuk menegur seseorang yang mungkin selama ini Anda coba hindari. Jika Anda tidak bisa melakukannya, maka mereka jelas butuh orang lain yang bersedia melakukannya.

3. Anda yakin sangat diperlukan

Seorang pemimpin yang yakin bahwa dirinya tak tergantikan harus koreksi diri, pekerjaan dan tanggung jawab seperti apa yang selama ini dipikulnya, sebab sungguh tak ada pemimpin kekal di dunia ini.

4. Lingkungan Anda berhenti jujur/ terbuka……karena Anda juga berhenti bertanya

Memimpin dalam tempurung itu banyak dilakukan para atasan, namun ini jelas berbahaya. Kecenderungan manusia adalah percaya pada posisinya, kemampuannya, dan keputusannya sendiri. Padahal yang namanya pemimpin tetap perlu perspektif berbeda agar bisa memandang suatu hal dari keseluruhan sisi. Pemimpin yang baik pasti terus menggali informasi dari sekitarnya, dan jika tidak, maka hal ini jelas patut dipertanyakan.

5. Mangkir dari tanggung jawab negatif

Yang dimaksud di sini adalah, ada kalanya terjadi kesalahan dalam perusahaan. Meski bukan pelakunya, pemimpin yang baik tetap akan maju, bertanggung jawab, dan menghadapinya dengan bijak. Jika mangkir, maka siapa yang akan maju mewakili perusahaan?

6. Anda gagal dalam tes malam hari

Saat malam hari, Anda bangun untuk ke kamar mandi, dan memandang sekilas di cermin. Saat itu, tak ada yang peduli gelar, kekayaan, atau pencapaian Anda. Dalam kesendirian, sekilas semua kisah kepemimpinan Anda lewat di depan mata. Apa hasil refleksi tersebut? Apakah Anda masih sepenuh hati mau belajar, bertumbuh, dan layak memimpin? Atau hati Anda sendiri tahu ini saatnya untuk pensiun dan melanjutkan hidup?

Hidup terlalu singkat, perusahaan juga bisa dalam resiko besar bila Anda tetap bersikukuh memimpin. Jadi buatlah keputusan.

share

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s