9 Alasan Angkat Beban Penting Bagi Wanita

Ladies, jenis olahraga apa yang selama ini Anda pilih; yoga, belly dance, taebo, ataukah kardio? Ketimbang angkat beban, kebanyakan wanita memang cenderung memilih kardio. Persepsi soal angkat beban yang bisa membuat tubuh kekar mungkin menjadi salah satu alasan mengapa latihan angkat beban tersisihkan. Padahal bila dilakukan, ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh darinya. Beberapa di antaranya…

https://i2.wp.com/www.hajarabis.com/berita/uploads/news/9-alasan-angkat-beban-penting-bagi-wanita-3380-20100528s.jpg1. Metabolisme lancar

Seiring usia bertambah, otot wanita mulai menipis. Inilah yang menyebabkan metabolisme melambat. Untuk itu saat usia menginjak 30an, ada baiknya Anda mulai membangun otot cadangan dengan melakukan latihan angkat beban. Bonusnya metabolisme lancar bahkan kalori tetap terbakar selama beberapa jam usai latihan.

2. Lemak terbakar

Jaringan otot lebih “aktif” ketimbang lemak. Tiap kilonya dapat membakar sekitar 15 kalori sehari hanya untuk mempertahankan keberadaannya. Jadi entah Anda hanya duduk di kantor selama 8 jam, otot ekstra yang terbangun otomatis akan membakar lebih banyak kalori, sehingga tumpukan lemak menjauh.

3. Tubuh lebih kencang

Kardio memang penting untuk melelehkan lemak, namun angkat beban membantu membentuk tubuh di bagian-bagian yang Anda inginkan.

4. Skinny jeans jadi cukup

“Sekilo lemak lebih makan ruang ketimbang sekilo otot,” ujar pelatih CrossFit, Cheryl Brost. “Jadi mana yang Anda inginkan, bentuk tubuh padat yang muat dalam skinny jeans, atau bergelambir?

5. Resiko jantung dan diabetes berkurang

“Otot membantu mengikis glukosa dan trigliserida dari pembuluh darah, sehingga darah bisa mengalir lancar,” ujar Timothy Church, MD, PhD, pakar kesehatan di Pennington Biomedical Research Center.

6. Tekanan darah turun

“Latihan kekuatan membantu menurunkan tekanan darah selama 10-12 jam setelah tiap sesi sehingga jantung bisa beristirahat,” ujar William Haskell, PhD, profesor kesehatan di Universitas Stanford. “Bagaimana latihan tersebut melakukannya memang masih belum jelas, namun hal ini diperkirakan ada kaitannya dengan hormon dan regulasi sistem saraf.”

7. Anda bisa melakukannya di mana saja, kapan saja

Tak perlu ruang besar atau alat khusus untuk latihan angkat beban. Anda bisa melakukan pushup, plank (bertumpu pada satu bagian tubuh), mengangkat kursi, squat, atau pull-ups untuk membentuk dan menguatkan tubuh.

8. Timbunan kalori dihancurkan

Gerakan yang membutuhkan kekuatan ekstra seperti squat sambil melompat dan burpees (lihat gambar), atau latihan dengan kettlebell itu bak roket saat memacu detak jantung Anda, sehingga kalori yang terbakar semakin banyak.

9. Baik untuk tulang

Latihan kekuatan merupakan salah satu cara untuk melindungi tulang. “Mengangkat beban bisa membantu mencegah rapuhnya tulang akibat bertambahnya usia,” ujar Ethel Siris, MD, pimpinan Toni Stabile Center for Osteoporosis (NYC). Latihan kekuatan juga meningkatkan keseimbangan dan membuat Anda kuat sehingga tak gampang rapuh.

share

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s