10 Gejala Terselubung Anda Sedang Stres

Jika Anda mengalami beberapa gejala aneh berikut, ambil waktu break setiap hari, saran Stevan E. Hobfoll, PhD, ketua departemen ilmu perilaku Rush University Medical Center, entah dengan jalan-jalan atau mematikan ponsel selama beberapa saat.

1. Pusing saat akhir pekan

Kemerosotan akibat stres bisa memicu migrain, ujar Todd Schwedt, MD, direktur Washington University Headache Center. Menghindari hal ini ada baiknya Anda tidak begadang dan tetap tidur seperti hari-hari biasanya, plus jaga makan tetap teratur.

2. Kram parah saat haid

Bagi wanita yang terlampau stres, resiko sakit saat haid didapati 2 kali lebih besar ketimbang mereka yang tak terlalu tertekan, demikian hasil studi di Harvard. Para ahli menyalahkan pengaruh stres yang memicu ketidakseimbangan hormon. Berolahraga bisa meredakan kram dan stres karena menenangkan aktivitas sistem saraf.

3. Mulut sakit

Rahang sakit juga memicu kemertak gigi saat tidur, dan stres memperparah kondisi itu, ujar Matthew Messina, DDS, penasehat konsumen dari American Dental Association.

4. Mimpi aneh

“Mimpi biasanya bertambah positif ketika Anda tidur, sehingga saat bangun, Anda berada dalam keadaan mood yang lebih baik daripada sebelum naik ke ranjang,” ujar Rosalind Cartwright, PhD, pensiunan profesor bidang psikologi di Rush University Medical Center. Namun saat stres, Anda akan bangun lebih sering, sehingga proses tersebut terganggu. Kebiasaan tidur yang baik bisa mencegah hal ini, sedapat mungkin 7-8 jam semalam, dan hindari kafein serta alkohol menjelang saat tidur.

5. Gusi berdarah

Menurut analisa dari Brazil terhadap 14 studi terbaru, seseorang yang stres beresiko lebih tinggi mengalami masalah gusi. Meningkatnya kadar hormon kortisol secara drastis bisa merusak sistem imun sehingga bakteri dengan mudah menyerbu gusi, ujar para ahli. Jika Anda bekerja sepanjang hari dan makan di meja kantor, sediakan sikat gigi. “Lindungi mulut dengan olahraga dan tidur lebih banyak untuk meredakan stres”, ujar Preston Miller, DDS, mantan presiden American Academy of Periodontology.

6. Jerawat

“Stres meningkatkan peradangan yang memicu jerawat,” kata Gil Yosipovitch, MD, profesor klinik di Universitas Wake Forest. Haluskan kulit dengan losion yang mengandung asam salisilat atau pembasmi bakteri benzoil peroksida (benzoyl peroxide), plus pelembab noncomedogenic agar kulit tak terlalu kering. Jika kulit tak merespon dengan perawatan yang ada selama beberapa minggu, temui dokter untuk penanganan lebih lanjut.

7. Haus makanan manis

Bisa jadi bukan hormon yang membuat Anda haus akan cokelat, namun stres. Para ahli Universitas Pennsylvania mensurvei wanita yang belum dan sudah mengalami menopause. Mereka mendapati hanya sedikit saja penurunan keinginan makan cokelat setelah menopause.

8. Kulit gatal

Studi di Jepang yang melibatkan lebih dari 2 ribu orang menemukan bahwa mereka yang menderita gatal-gatal kronis didapati 2 kali lebih stres. Rasa gelisah dan tertekan bisa memperburuk kondisi seperti dermatitis, eksema, dan psoriasis. “Respon stres mengaktifkan serat saraf sehingga muncul sensasi gatal,” ujar Yosipovitch.

9. Memperparah alergi

Dalam eksperimen tahun 2008, para ahli dari Ohio State University College of Medicine menemukan stres bisa memperparah gejala alergi. Hormon stres merangsang produksi IgE, protein darah yang menyebabkan reaksi alergi, ujar pemimpin studi Janice Kiecolt-Glaser, PhD.

10. Sakit perut

Kegelisahan dan stres bisa menimbulkan sakit perut, bersamaan dengan sakit kepala, punggung, dan insomnia. Mereka yang stres berat cenderung mudah sakit perut 3 kali lebih sering dari yang tidak. Meski kaitannya belum jelas, namun sebuah teori mengatakan ada hubungan dekat antara saluran cerna dan otak, sehingga saat otak stres, saluran cerna juga merasakan hal yang sama.

share

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s