Kecanduan Ponsel Rusak Hubungan

Smartphone apa yang saat ini ada di genggaman Anda, Blackberry atau malah Crackberry? Survei menunjukkan dewasa muda menghabiskan waktu hingga 7 jam sehari berinteraksi dengan ponsel, dan perilaku ini membawa mereka ke dalam masalah. Beberapa bisa menjadi kompulsif, sedang lainnya merasa menarik diri/ kurang bergaul bila tidak berinteraksi via ponsel.

Dr James Roberts dari Hankamer School of Business (Texas) mengatakan kecanduan pesan instan dikendalikan oleh materialisme dan sikap impulsif. “Saat ini ponsel merupakan bagian dari budaya konsumen. Lebih dari sekedar alat bantu komunikasi, ponsel bahkan telah menjadi simbol status yang sayangnya berdampak buruk bagi hubungan pribadi.” Kecanduan ponsel ini mirip dengan shopaholic, atau penyalahgunaan kartu kredit.

Studi sebelumnya mendapati dewasa muda usia 18-29 mengirim rata-rata 109,5 sms sehari, setara dengan 3200 pesan setiap bulannya. Mereka juga menerima 113 pesan tambahan dan memeriksa ponsel 60 kali sehari. Ini dikarenakan ponsel bisa diakses kapan dan dimana saja, termasuk saat belajar di kelas.

Tahun 2008 lalu, para peneliti di Inggris mengidentifikasi ada segelintir orang yang bahkan gelisah jika tak bisa mengakses internet. Kondisi ini bahkan diberi nama khusus, Nomophobia. Jangan sampai Anda menjadi bagian dari merekaūüôā

share

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s