5 Solusi (Lebih) Aman Jauhkan Pestisida

Hingga saat ini, mengonsumsi makanan organik terbukti bisa menurunkan kadar pestisida secara drastis dalam sirkulasi tubuh. Namun tak cukup sampai di sana saja. Para ilmuwan mendapati aneka produk rumahan yang kerap kita pakai juga bisa menjadi sumber polusi yang membahayakan kesehatan. Berikut kami bagikan beberapa cara menjauhkan itu.

1. Bersih-bersih secara teratur

Saat Anda baru pulang bekerja, alas kaki maupun pakaian yang dipakai seharian dari rumah bisa menjadi sarang debu, kuman, bakteri, bahkan virus berbahaya tak kasat mata. Jadi ada baiknya Anda rajin bersih-bersih, baik itu di rumah maupun kebersihan diri dengan rutin mandi dan mengganti pakaian. Untuk membersihkan rumah, hindari produk wangi berbahaya, tapi bikinlah cairan pembersih sendiri dengan menyampurkan beberapa tetes minyak lemon organik, minyak zaitun, dan 2 sdm perasan lemon. Pastikan juga alat vakum Anda dilengkapi filter HEPA yang bisa menyedot maksimal debu.

2. Pasta gigi juga harus aman

Beberapa pasta gigi dan mouthwash populer membanggakan “triclosan” sebagai bahan aktifnya. Sayangnya, bahan kimia antibakteri ini termasuk pestisida juga dan bisa merusak tiroid. Alternatif kandungan yang lebih aman adalah Xylitol. Komponen yang berasal dari pepohonan (birch) ini merupakan salah satu agen pelindung gigi yang lebih alami. Namun jauhkan dari hewan peliharaan karena bisa membahayakan kehidupan mereka.

3. Hindari permethrin

Produk pembersih pakaian umumnya mengandung permethrin. Zat kimia ini biasanya menyerang sistem saraf serangga, namun limbahnya (dari air bekas cucian) jelas berbahaya karena bisa memicu sakit kepala, asma, dan mual-mual. Untuk menjauhkan nyamuk, hindari memakai warna biru karena ini merupakan warna yang paling menarik bagi mereka. Untuk menjauhkan serangan kutu, mandi setelah berada di luar rumah lebih dari 2 jam. Kebiasaan sederhana bisa menjauhkan Anda dari resiko sakit Lyme, ujar para peneliti di Yale.

4. Air harus super bersih

Investasikan uang untuk membeli alat penyaring, baik untuk air minum ataupun mandi, agar klorin dan zat berbahaya lain bisa dihindarikan.

5. Jaga kebersihan hewan peliharaan

Oke, rumah dan kebiasaan diri Anda sudah mulai meningkat kebersihannya. Namun jangan lupakan hewan peliharaan! Sisir bulu hewan peliharaan secara teratur agar kutu tak mudah berkembang biak, dan buang kutu yang ditemukan ke dalam wadah berisi air sabun.

share

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s