5 Tips Minimalkan Resiko Rugi

Berbisnis dengan klien/ perusahaan besar memang menyenangkan karena rasanya seperti mendapat ikan besar. Namun pastikan Anda tidak mempertaruhkan semua dengan mengandalkan hanya ikan besar itu saja.. Ikuti beberapa tips meminimalkan kerugian berikut ini.

1. Pahami latar belakang klien berikut usahanya, dan cari tahu faktor apa yang bisa membuat pelanggan tidak membayar. Jika Anda sampai tak tahu kalau klien sedang di ujung kebangkrutan atau bermasalah dalam hal keuangannya, maka Anda berada dalam masalah besar.

2. Posisikan perusahaan Anda sebagai sesuatu yang benar-benar dibutuhkan klien. Buat mereka tidak bisa “menyingkirkan” Anda dengan mudah, namun tetap lakukan dengan cara yang benar.

3. Amati kontrak-kontrak yang Anda buat dan seberapa langgeng itu. Kedua faktor ini bisa meminimalkan resiko gagal/ rugi. Jika klien dan Anda sudah menjalin kontrak cukup lama, dan ia tetap membeli dari Anda meski kondisi ekonomi sedang terpuruk, maka Anda tak perlu terlalu khawatir.

4. Sama seperti seseorang yang menabung; di beberapa bank lebih baik daripada 1 bank saja, karena bila terjadi apa-apa pada bank yang bersangkutan, maka Anda takkan kehilangan semua. Demikian juga jangan ikatkan diri dalam kontrak dengan satu pembeli atau suplier saja.

5. Fokus pada profitabilitas ketimbang penghasilan. Penghasilan besar memang baik, namun ada yang tak ternilai dalam bisnis yaitu hubungan baik dan saling menguntungkan antara kedua belah pihak. Jika ini tetap terjaga, maka klien akan setia, dan itu berarti pendapatan jalan terus.

share

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s