7 Tips Sterilkan Peralatan Rambut

Menjaga kebersihan peralatan rambut merupakan salah satu rahasia sukses keindahannya. Bukan hanya sisir saja yang harus dibersihkan, yang lain juga harus, dan berikut beberapa tips bersih-bersihnya dari kami.

1. Air

Cara tercepat, termasuk untuk catok lurus dan keriting, adalah dengan menggunakan air. Ambil kain microfiber, basahi sedikit, baru gunakan untuk menyeka bagian luar dan lempengan dalamnya juga. Kain ini tergolong lembut sehingga takkan menggores lempengan catok.

2. Baking soda

Ada kotoran tertentu yang bandel dan sukar dihilangkan hanya dengan air saja? Saatnya baking soda bertindak. Buat pasta (baking soda + air) dan gosokkan ke bagian membandel dengan jari atau sikat halus. Bersihkan sisa pasta lalu keringkan alat.

3. Jangan lupakan blow dryer

Penting menjaga ventilasi belakang blow dryer tetap bersih sehingga alat bisa bekerja maksimal. Jika terlihat kotor, gunakan tweezer/ penjepit untuk mengambil kotoran keluar. Jika masih ada kotoran yang tertinggal gunakan vakum untuk menyedotnya. Namun untuk Anda yang tak punya hand-vac, manfaatkan handuk untuk menyeka ventilasinya. Lalai membersihkan ventilasi, bisa membuat motor penggeraknya terlalu panas sehingga alat cepat rusak.

4. Potong saja…

Cara tercepat dan paling mudah untuk membersihkan sikat rambut adalah memotong rambut yang menempel. Caranya, selipkan pena di sela-sela bulu sikatuntuk mengangkat rambut dari dasar sikat, lalu gunting dan rontokkan timbunan rambut di tempat sampah.

5. Saatnya mencuci

Sikat atau diffuser penuh dengan minyak dan sisa produk rambut? Pertama, buang sebanyak mungkin helaian rambut yang tersangkut. Isi wadah dengan air hangat, dan teteskan sedikit shampo. Cuci sikat rambut dengan tangan atau goyang-goyang di dalam air selama beberapa menit. Ambil sisir dan gunakan untuk mengeluarkan sisa rambut/ residu yang tertinggal. Bilas, tiriskan air, dan angin-anginkan hingga kering.

6. Rendam

Cara termudah membersihkan sisir adalah merendamnya dalam gelas berisi air hangat dan shampo. Untuk rambut berminyak, merendam sisir dalam segelas cuka putih bisa mengusir pergi sisa-sisa minyak yang melekat.

7. Saatnya pensiun

Meski fokus ulasan ini adalah soal tips bersih-bersih namun Anda tetap harus menguji kelayakan guna peralatan rambut. Jika ada gigi sikat atau sisir yang patah, maka saatnya mencari yang baru. Memaksa tetap menggunakan alat-alat usang bisa memperbesar resiko rambut patah.

Karena kita semua sama-sama sibuk, semoga tips sederhana di atas bisa membantu Anda.

share

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s