8 Item Ini Bikin Anda Boros

Bicara soal kemampuan bisnis, bukan melulu soal seberapa banyak keuntungan yang bisa kita peroleh, tetapi juga sebijak apa kita dalam mengelola pengeluaran. Beberapa barang layak dibayar mahal, sementara lainnya sebenarnya bisa dihindarkan dari daftar belanja. Apa sajakah itu?

1. Air mineral botol

Anda memang harus banyak minum setiap harinya agar tetap terhidrasi, namun tak perlu sampai mengosongkan dompet juga. Hindari membeli air minum kemasan botol karena selain boros juga merugikan lingkungan.

2. Produk bermerek

Ada begitu banyak merek produk di luar sana, entah itu pembersih, obat-obatan, dll. Memang beberapa terbukti kualitasnya lebih baik, namun jangan sampai Anda menjadi korban merek. Beberapa produk bermerek sebenarnya memiliki kandungan yang tak jauh beda dengan brand kurang terkenal. Perbedaan menyolok keduanya biasanya adalah yang merek terkenal lebih mahal saja, jadi hati-hati.

3. Tiket kelas 1 untuk penerbangan domestik

Jika tujuan penerbangan tak jauh (pastinya tidak lama juga), ada baiknya Anda memilih tiket ekonomi saja untuk penghematan.

4. DVD

Meski suka film Anda tak harus merogoh kocek dalam untuk selalu membeli DVD baru bukan? Alternatif yang lebih hemat adalah meminjam teman atau menyewa di rental.

5. Makan siang (atau malam) di luar

Kebanyakan menu makan siang yang Anda beli sebenarnya bisa dibuat sendiri di rumah. Selain lebih hemat, kebersihan dan kesehatannya juga lebih terjamin kan karena tangan Anda (atau orang rumah) sendiri yang membuatnya.

6. Bahan bakar premium

Salah satu pemborosan terbesar adalah selalu mengisi tangki kendaraan dengan bahan bakar termahal, padahal mobil Anda bisa menggunakan yang lebih murah.

7. Majalah tanpa berlangganan

Yang berlangganan biasanya lebih murah daripada tidak, karena membeli di stand luar cenderung lebih mahal. Meski hanya selisih beberapa ribu rupiah, namun itu tetap uang yang sebenarnya bisa ditabung untuk keperluan lainnya kan?

8. Menyewa mobil

Memang sangat menggoda untuk menyewa mobil yang lebih bagus dari milik Anda saat hendak berlibur. Jika hanya untuk mengangkat status sosial, ingatkan diri bahwa mobil sewaan hanyalah pinjaman dan bukan milik Anda. Jangan sampai ego membuat Anda mengeluarkan uang yang sebenarnya bisa dipakai membeli keperluan lain.

Apakah menurut Anda ada lagi barang-barang yang sebenarnya tak perlu kita beli? Ayo bagikan pengetahuan Anda di siniūüôā

share

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s