Sudah Coba Program Arsip Dari Twitter?

Twitter sediakan fasilitas arsip untuk penggunanya. Ya, untuk Anda yang ingin melihat kembali kicauan-kicauan lama, kini tak perlu bersusah-susah scroll halaman profil ke bawah.

Kini pengguna Twitter bisa mengecek kembali sejarah tweet (termasuk retweet) mereka melalui program arsip yang disediakan Twitter. Sekali memiliki arsip tersebut, Anda bisa melihat tweet berdasarkan bulan, atau melakukan pencarian melalui kata, frase, hastag, atau @username yang diinginkan.

Sebenarnya fasilitas ini sudah tersedia Juli lalu, namun baru bisa dipakai oleh sejumlah kecil pengguna saja. Juru bicara Twitter mengatakan bahwa program tersebut masih dalam tahap pengujian, namun rupanya saat ini sudah bisa digunakan oleh semua anggotanya. Untuk mereka yang belum bisa menemukannya, harus mengutak-atik pengaturan akunnya lebih dulu.

Dalam blognya, Twitter berkata,”Kami membagikan fitur ini perlahan, mulai hari 20 Desember kepada mereka yang memakai bahasa Inggris. Beberapa minggu hingga bulan mendatang, kami akan menyediakannya untuk semua pengguna di seluruh dunia dalam setiap bahasa. Kami senang mengenalkan fitur baru ini kepada setiap orang dan sangat menghargai kesabaran para member.”

Untuk mengakses arsipnya, anggota harus meng-klik link di dasar kolom pengaturan mereka. Setelah menerima notifikasi via email, maka file siap didownload dalam bentuk .zip. Isi folder tersebut antara lain tweet anggota dalam format .csv, dan .json (format file yang sering digunakan untuk mentransfer dan mewakili data online). Metadata seperti lokasi juga termasuk di dalamnya, namun tidak dengan kicauan yang telah dihapus.

Sudah mencoba fasilitas ini? Bagikan pengalaman Anda melalui tweet dengan hastag #TwitterArchive.

share

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s